Din Syamsuddin: NKRI Bersyariah Jangan Diberi Ruang

Baca Juga

MINEWS.ID, SOLO – Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin minta pengusung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Bersyariah tidak diberi ruang. Mereka tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia.

“Jangan beri ruang, kita ini NKRI ber-Pancasila,” kata Din di Solo, Rabu 14 Agustus 2019.

Din menegaskan Pancasila sangat menghormati dan mementingkan agama, sebab sila pertamanya ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’, ditambah jaminan UUD 1945 pasal 29 bahwa setiap warga negara bebas beragama dan menjalankan ibadah menurut agama masing-masing.

Dia seperti dilansir antara mengatakan NKRI sudah menghormati agama yang ada di Indonesia sesuai dengan syariat. Meski demikian, dikatakannya, bukan berarti Indonesia menjadi negara syariat.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Alumni (PA) 212 Haikal Hassan menjelaskan rumusan NKRI syariah yang tertuang dalam Ijtima Ulama IV hanya istilah. Menurut dia, Pancasila dan UUD 1945 tetap sebagai dasar negara yang sah.

Menurut  Din, NKRI saat ini sudah bersyariah, ditunjukkan dari adanya lembaga syariah dan peraturan syariah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini