Dilema Apple di Tengah Ancaman Perang Dagang AS-Cina

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Apple Inc belakangan ini was-was karena ancaman imbas dari perang dagang AS versus Cina diprediksi akan menghantam perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Mengutip Indian Express, ancaman paling nyata yang akan dihadapi Apple adalah kenaikan harga produk-produknya, terutama ponsel, yang juga berimbas sampai pada kerusakan rantai pasokan global.

Ancaman ini menyusul kebijakan Presiden AS Donald Trump yang resmi memasukkan daftar tarif 15 persen terhadap Federal Register, dengan salah satu produk yang terimbas adalah Apple.

Apalagi, Trump sempat mengeluarkan pernyataan kontroversial yang menyalahkan perusahaan-perusahaan AS, termasuk Apple, karena dianggapnya tak mampu mencari jalan keluar dari rencana penerapan tarif baru.

Trump secara sepihak berkata, penerapan tarif baru tersebut adalah kebijakan dagang AS yang tujuannya untuk menghabisi para pemain-pemain gelap atau monopoli tidak adil di seluruh pasar.

Laporan terbaru merilis sejumlah produk Apple yang akan terkena imbas tarif 15 persen, di antaranya Apple Watch, Watch Bands, Airpod, Homepod, iMac hingga komponen ponsel iPhone.

Padahal, selama ini penjualan perangkat iPhone telah menyumbang lebih dari 50 persen pendapatan Apple secara global. Hingga kini, perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs itu belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait kebijakan dagang Trump.

Tentu saja, yang paling ditunggu konsumen global adalah, apakah Apple akan menaikkan harga jual barangnya, atau masih bertahan dengan tarif lama di pasar. Ataukah, kenaikan tarif 15 persen dari kebijakan Trump akan dibebankan kepada konsumen, semua masih belum diumumkan Apple.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini