Di Tengah Pandemi Covid Ekspor Rumput Laut Indonesia Tembus Rp 3 Triliun!

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Rumput laut menjadi salah satu primadona ekspor Indonesia. Periode Januari-September 2020 ekspor rumput laut Indonesia mencapai hingga 135,16 ribu ton dengan nilai ekspor sebesar 207.19 juta dolar AS atau sekitar Rp 3 triliun.

Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia, Safari Azis meminta para pihak yang berkepentingan untuk bekerja sama sebaik mungkin dalam memanfaatkan dan memajukan komoditas rumput laut Indonesia.

“Sangat penting agar seluruh pemangku kepentingan berkolaborasi agar dapat memanfaatkan rumput laut di dalam negeri secara optimal untuk melesatkan kinerja perekonomian nasional,” kata Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia, Safari Azis kepada Mata Indonesia News.

Nominal itu berpeluang meningkat apabila industri pengolahan di Indonesia sudah bisa mengolah berbagai banyaknya rumput laut kering atau bahan baku mentah.

Seperti diketahui, ekspor komoditas rumput laut dari Indonesia masih didominasi oleh rumput laut kering atau lebih dari 80 persen diekspor dalam bentuk mentah.

Belum lagi potensi lahan budi daya rumput laut yang mencapai hingga 12,3 juta hektar dan saat ini baru dimanfaatkan sekitar 272 ribu hektar atau sekitar 2,24 persen, sehingga sebenarnya masih banyak sekali potensi yang dapat diperoleh masa datang.

Saat ini Indonesia menempati urutan kedua sebagai produsen rumput laut terbesar di dunia dengan kontribusi 29 persen dari produksi global. Sementara Cina berada di urutan pertama dengan kontribusi 57 persen.

Rumput laut yang dihasilkan Indonesia dan Cina relatif berbeda. Indonesia memproduksi rumput laut tropis, sementara Negeri Tirai Bambu menghasilkan rumput laut dari jenis subtropis.

Dengan kekayaan rumput laut yang melimpah di bumi Indonesia, tak mengherankan bila sekiranya negeri ini dapat memanfaatkan komoditas rumput laut untuk meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Negara tujuan ekspor rumput laut dari Indonesia antara lain: Cina, Korea Selatan, Jepang, beberapa negara di kawasan Uni Eropa, serta Amerika Serikat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini