Di Jayapura Jokowi akan Resmikan Jembatan yang Masuk Rekor MURI

Baca Juga

MINEWS.ID, JAYAPURA – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Holtekamp yang disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di Papua karena total jembatan mencapai 733 meter.

Jembatan berwarna merah di Teluk Jayapura tersebut menjadi sangat ikonik jika dilihat dari udara. Selain itu pembangunannya sudah mencatatkan rekor di MURI.

Sebelum diresmikan masyarakat sudah sangat ingin menggunakan jembatan tersebut namun masih ditutup, menunggu Presiden Jokowi datang.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan Presiden dipastikan meresmikan penggunaan jembatan kebanggaan warga Jayapura tersebut. Keraguan itu wajar timbul karena sebelumnya rencana peresmian sarana penghubung daerah Hamadi di Distrik Jayapura Selatan yang berada di sisi barat jembatan dan daerah Holtekamp di Distrik Muara Tami di sisi timur jembatan, adalah Juli 2019.

Namun, karena beberapa masalah, terutama keamanan di Papua dan Papua Barat beberapa bulan ini, jembatan itu baru akan diresmikan besok.

Pembangunan Jembatan Holtekamp merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura. Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan dan pemasangan bentang utama jembatan sepanjang 433 meter dan konstruksi jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 600 meter.

Sementara Pemerintah Provinsi Papua juga sudah menyelesaikan pembangunan jalan pendekat sepanjang 30 meter dan jembatan pendekat sepanjang 270 meter di sisi Holtekamp. Pemerintah Kota Jayapura telah menyelesaikan pembangunan jalan pendekat sisi Hamadi sepanjang 320 meter. Total biaya pembangunan Jembatan Holtekamp sebesar Rp 1,3 triliun.

Holtekamp juga menunjukkan orang Indonesia bisa membangun jembatan yang konstruksinya dilakukan di Surabaya kemudian dibawa utuh ke Teluk Jayapura melalui laut.

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan 2 rekor pada proyek pembangunan Jembatan Holtekamp yakni rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Selamat memiliki ikon baru warga Jayapura.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini