Di Hari Lebaran, SBY Akhirnya Ungkap Obrolan Terakhirnya dengan Ibu Ani

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Di hari lebaran, SBY memilih berziarah ke makam istrinya, Ani Yudhoyono dan mengungkapkan apa yang menjadi obrolan penting terakhir antara dia dan sang istri.

SBY bercerita bahwa Ibu Ani sebelum tutup usia masih membicarakan soal pakaian apa yang harus dikenakan ketika Salat Id dan melakukan halal bi halal, terutama saat sang suami masih menjabat presiden selama 10 tahun.

Bahkan, Ibu Ani disebut kerap memilih busana koko untuk Salat Id dan wajib mengenakan batik untuk halal bi halal. Tak sembarang batik, Ibu Ani menyukai yang berwarna terang.

Yang mengejutkan, bahkan saat dirawat di National University Hospital, Singapura, Ibu Ani sempat berkukuh ingin memakai batik yang berwarna beda dari biasanya, yakni hitam.

“Saya tidak mengerti, tidak menangkap isyarat yang ada di balik pilihan batik yang kami kenakan saat ini. Ia memilih batik bernuansa hitam dengan motif sawunggaling, yang menggambarkan burung terbang ke surga,” kata SBY saat berziarah di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, Rabu 5 Juni 2019.

SBY mengaku dia baru tahu setelah memahami makna dari pilihan ini. Pesannya, “Nanti kita Lebaran di rumah sakit. Mari kita pakai batik itu di rumah sakit. Saya juga akan memakainya,” ujar SBY mengutip kalimat Ibu Ani.

Seminggu kemudian, kain batik itu selesai dibuat menjadi busana. SBY lalu menunjukkannya kepada Ibu Ani dan disambut senyuman dan pujian.

Bukan hanya SBY, anggota lain keluarganya juga membawa busana batik yang sudah jadi, kecuali milik Almira Tunggadewi Yudhoyono. Batik milik putri sulung AHY dan Annisa Pohan itu masih utuh karena belum dijahit.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini