Di Bengkulu, Lomba Panjat Pinang 17an Dilarang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemprov Bengkulu melarang perlombaan panjat pinang dan beberapa lainnya saat peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang karena alasan pandemi Covid-19.

“Lomba seperti panjang pinang, main bola kaki itu kan tidak mungkin dilaksanakan karena tidak bisa diterapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Kamis 6 Agustus 2020.

Ia menegaskan, pada prinsipnya Pemprov Bengkulu mengizinkan masyarakat menggelar perlombaan sebagai tradisi menyambut HUT RI setiap 17 Agustus.

Hanya saja harus mematuhi standar protokol kesehatan seperti menjaga jarak antarpeserta lomba, menggunakan masker, disediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

“Kalau perlombaan silakan saja tetapi dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan, selagi bisa mematuhi protokol kesehatan dan panitia bisa menjamin ya boleh-boleh saja,” ujarnya.

Hamka menambahkan, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran terkait pembatasan kegiatan pada peringatan hari kemerdekaan nantinya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, jika ingin menggelar perlombaan, masyarakat harus menyiapkan seluruh protokol kesehatan seperti menyiapkan pembersih tangan dan mewajibkan peserta menggunakan masker.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat setempat untuk menyelenggarakan perlombaan yang dapat memberikan kebugaran tubuh seperti perlombaan olahraga ketimbang perlombaan yang hanya hiburan semata.

“Jumlah pesertanya juga harus terbatas, tidak boleh kerumunan dan harus menjaga kontak fisik agar jangan terlalu dekat,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini