Desain Ibu Kota Baru Resmi Dipilih Jokowi, Ini Gambaran Detailnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Desain Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa resmi dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi desain untuk ibu kota baru.

Tim Nagara Rimba menjadi juara pertama sayembara desain ibu kota baru menyisihkan 291 desain lain yang juga mengikuti sayembara tersebut. Tim juri beserta Presiden Joko Widodo telah menilai desain ibu kota baru berdasarkan totalitas dan fungsi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jokowi meminta harus ada pembeda ibu kota baru dengan negara lainnya. Meskipun memenangkan sayembara, ia mengatakan desain yang dibuat oleh Nagara Rimba Nusa tidak akan 100 persen dipakai.

Desain tersebut akan digabungkan dengan juara dua dan tiga, Infinite City dan Seribu Galur untuk menjadi master plan ibu kota baru.

Basuki mengungkap walau belum memiliki lokasi detail, tapi dia mengindikasikan Penajam Paser akan menjadi lokasi inti pemerintah.

“Ibu kota nanti mau jadi provinsi, mau jadi kota, atau kabupaten itu nanti dari DPR,” ujar Basuki di Jakarta, Senin 23 Desember 2019.

Lokasi inti ibu kota tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 5.600 hektar (ha). Basuki mengatakan dalam membangun ibu kota baru pemerintah akan mengutamakan rancangan bernuansa rumah etnik dengan fungsi modern.

“Kalau gedung, ini saya bocorin juga, kita mungkin tradisional tapi dalamya harus modern. Smart house ke depan,” katanya.

Dengan rancangan kawasan smart city dan compact city, diharapkan ibu kota baru akan mewakili identitas bangsa dengan pola pikir teknologi maju yang selaras dengan alam dan dunia.

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini