Deretan Fakta Menarik Soal Oscar 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puncak penyelenggaraan Oscar ke-92 berlangsung pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Ajang penghargaan film bergengsi level global ini, sarat dengan sejumlah fakta menarik. Melansir AFP, berikut ini beberapa fakta menarik dan serba-serbi Oscar 2020.

Asal mula julukan Oscar
Sejumlah pengamat Hollywood mengatakan bahwa Academy Award dijuluki Oscar setelah pustakawan Academy, Margaret Herrick – yang akhirnya menjadi direktur eksekutif, melihat piala itu untuk pertama kalinya dan menganggapnya seperti pamannya yang bernama Oscar.

Sementara legenda Hollywood Bette Davis diduga mengklaim ia telah menjuluki penghargaan itu karena mengingatkannya pada suami pertamanya, musisi Harmon Oscar Nelson Jr, namun kemudian menarik klaim itu, menurut IMDB.

Lalu, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) secara resmi mengadopsi nama panggilan “Oscar” tersebut pada 1939.

Simbol Ksatria Templar
Patung di piala Oscar ini ternyata memiliki makna yang tak biasa. Rupa dari patung ini merupakan simbol dari seorang ksatria templar (tentara perang salib) yang berdiri di atas gulungan film dengan lima jari yang merujuk pada lima cabang asli Academy, yakni aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis.

Patung ini terbuat dari perunggu padat dan berlapis emas 24 karat. Tingginya 13,5 inci (34 cm) dan memiliki berat 8,5 pon (3,8 kg). Butuh waktu tiga bulan bagi Polich Tallix Fine Art Foundry di New York untuk membuat batch 50 patung. Jika dihitung hingga kini, sepanjang gelaran oscar, tercatat lebih dari 3.140 patung yang telah dimenangkan sejak 1929.

Habiskan Dana 44 juta dolar AS
Pada Oscar 2020 ini total pendanaan yang dihabiskan mencapai 44 juta dolar AS atau sekitar Rp 601,9 miliar, menurut situs keuangan WalletHub. Angka itu sudah termasuk 400 dolar AS untuk setiap patung Oscar dan 24.700 dolar AS untuk karpet merah seluas 16.500 kaki persegi.

Film Parasite Bikin Sejarah
Film ini telah membuat sejarah sebagai menjadi film Korea Selatan pertama yang dinominasikan untuk kategori film fitur internasional terbaik, film terbaik serta sutradara terbaik dalam Oscar 2020.

Film thriller-dark comedy yang telah meraih banyak penghargaan internasional itu diperkirakan akan menang sebagai film berbahasa asing terbaik. Parasite juga bisa membuat sejarah dengan menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan film terbaik di ajang Academy Awards.

Laura Dern, Prestasi turun-temurun
Laura Dern dinominasikan untuk penghargaan aktris pendukung terbaik atas perannya di film Marriage Story garapan sutradara Noah Baumbach. Oscar bukanlah hal yang asing bagi orang tua Dern, yakni Bruce dan Diane Ladd.

Bruce Dern telah mendapatkan dua nominasi Oscar sepanjang karirnya selama puluhan tahun. Pertama untuk “Coming Home” pada 1979dan kedua Nebraska pada 2004.

Pada 1992, Laura Dern dan Diane Ladd menjadi duo ibu-anak pertama yang menerima nominasi Oscar untuk film yang sama – Rambling Rose, dengan dua nominasi untuk Ladd.

Info saja, Laura baru saja meraih piala BAFTA untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Nomine hidup dengan nominasi terbanyak
Dengan 52 nominasi, komposer John Williams memegang rekor nominasi Oscar terbanyak, dan menjadi yang kedua setelah Walt Disney dengan total 59 nominasi.

John Williams masih mendapatkan nominasi di kategori Best Original Score untuk film Star Wars terbaru, Episode IX – The Rise of Skywalker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini