Kota Depok
Kota Depok

MATA INDONESIA, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, mengatakan jika Kota Depok dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi daerah se-Provinsi Jawa Barat yang tidak taat pada aturan protokol kesehatan (prokes).

Hal tersebut ia sampaikan pada tanggal Senin, 18 Januari 2021.

Mantan Wali Kota Bandung itu mengungkapkan jika Kota Depok dianggap paling tidak patuh dalam menerapkan social distancing. Sedangkan, Kabupaten Tasikmalaya dinilai paling tidak patuh untuk mengenakan masker.

Hal tersebut dikatakan Ridwan Kamil saat mengumumkan hasil evaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah di Jabar. Menurut Ridwan kamil, untuk kategori kedisiplinan, Kota Bekasi dinilai paling taat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Yang tidak patuh menjaga jarak adalah Kota Depok. Yang paling tidak patuh mengenakan masker adalah Kabupaten Tasikmalaya. Nanti detailnya saya share ya” katanya.

Sementara itu, Kota Bekasi dinilai menjadi kota paling patuh se-Jawa Barat dalam menjalankan protokol kesehatan. “Walau belum sempurna. Tapi, Kota Bekasi menjadi yang paling disiplin dibandingkan yang lain” katanya.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengatakan jika metode penilaian tersebut didasari dari hasil pemantauan lapangan yang dilakukan oleh Satpol PP, Polri, serta TNI.

Ia pun mengungkapkan apresiasinya untuk masyarakat Kota Bekasi di akun twitter miliknya, @ridwankamil, “Pertahankan prestasi untuk Kota Bekasi dan kepada yang kurang patuh mohon memperbaiki disiplin dan kepatuhan demi kebaikan bersama”.

Sementara untuk daerah yang tidak patuh, Ridwan berpesan kepada pejabat setempat untuk terus mengedukasi masyarakatnya mengenai protokol kesehatan. “Karena tingkat kepatuuhan di Jawa Barat itu antara 60 – 70 persen, dari rata-rata sebelum PPKM 50-an persen. Sekarang, naik memakai maskernya ke angka 60-an persen dan jaga jaraknya 60-an persen” tulisnya.

Reporter: Diani Ratna Utami

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here