densus 88 amankan teroris di palu
Densus 88 (foto: istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tim Densus 88 antiteror berhasil membekuk Taufik Bulaga alias Upik Lawanga si profesor bom murid dari Dr Azahari. Dirinya ditangkap di sebuah rumah di kawasan Seputih Banyak, Lampung Tengah pada Rabu 25 November 2020.

Taufik Bulaga diketahui merupakan seorang pimpinan jaringan teroris, sekaligus ahli perakit bom. Dia selama ini masuk dalam jajaran buron kasus terorisme nomor 1 alias paling diburu.

Menurut informasi yang dihimpun, Taufik merupakan teroris yang masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak beberapa tahun lalu.

Ia juga disebut sebagai murid kesayangan Dr Azahari, teroris asal Malaysia, otak di balik Bom Bali 2002, Bom JW Marriott tahun 2003, dan Bom Bali 2005. Dr Azahari telah ditembak mati di Batu, Malang, Jawa Timur, tahun 2005 silam.

Taufik sendiri diduga kuat berada di balik bom bunuh diri yang dilakukan Ahmad Yosepa Hayat di Gereja GBIS Kepunton, Solo, Jawa Tengah, 25 September 2011 lalu.

Ia juga merupakan tersangka kasus pengeboman Pasar Tentena tahun 2005, pembunuhan tiga siswi, dan pembunuhan pendeta saat kerusuhan agama di Loki, Ambon.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pandra Arsyad mengakui memang ada penggeledahan yang dilakukan Densus 88 di kawasan itu.

“Memang benar kemarin dilakukan oleh Tim Densus 88,” ujar Pandra, mengutip Kumparan, Kamis 26 November 2020.

Tapi dia tak bisa memastikan apakah ada penangkapan dalam peristiwa itu. Dia meminta agar menanyakan ke Mabes Polri.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here