Demi Mencapai Herd Immunity, Kawasan Rentan Wabah dan Padat jadi Prioritas Vaksinasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di daerah rentan wabah dan padat umum ditargetkan pada April 2021. Hal ini untuk memagari dan mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

“Kapan sih warga biasa akan mendapatkan vaksin? Itu sekitar bulan April, berikutnya kepada siapa, itu diprioritaskan untuk daerah rentan wabah dan daerah yang berpenduduk padat. Itu menjadi priorotas,” kata Moeldoko, Kamis 11 Februari 2021.

Ia juga menekankan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat yang memiliki mobilitas dan interaksi yang tinggi. Hal ini untuk memagari dan mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

“Misalnya di kota ada mal, para karyawan di mal langsung (divaksinasi) karena dia banyak sekali berhubungan dengan masyarakat,” kata Moeldoko, Kamis 11 Februari 2021.

Selain itu, vaksinasi Covid-19 di daerah padat penduduk dan penuh interaksi tinggi bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus.

“Jadi kalau penduduknya padat itu menjadi prioritas, berikutnya kalau itu (zona) merah itu menjadi prioritas daerah yang warnanya merah, apalagi (zona) hitam,” kata Moeldoko.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayan publik akan dimulai pada pekan depan sebab mereka kerap berinteraksi dengan masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh di Istana Negara Jakarta.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini