Pengguna sewa sepeda Kota Tua Jakarta bisa berfoto dengan topi dan sepeda yang disediakan, sebelum melakukan kegiatan bersepeda. (Foto: Minews.id/Fatimah)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Demi mendapat sebutan kota yang berpihak pada pesepeda, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun tugu sepeda senilai Rp 800 juta atau hampir Rp 1 Miliar. Bentuknya hanya ban sepeda.

Tak disebutkan alasan logisnya mengapa keberpihakan dihubungkan dengan membangun tugu yang menelan anggaran hampir Rp 1 miliar tersebut.

Dengan tugu itu, menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, juga ingin mengajak masyarakat Jakarta menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi bukan sekadar sebagai alat olahraga maupun rekreasi.

“Ini adalah sesuatu yang baik dan kami ingin mempercantik Ibu Kota,” ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis 8 April 2021.

Dia menegaskan biaya pembangunan tugu yang hampir Rp 1 Miliar bukan berasal dari anggaran pemerintah provinsi.

Dana tersebut berasal dari pihak ketiga sebagai bentuk kewajiban dari pengusaha swasta di Jakarta.

Tugu itu hanya berbentuk ban sepeda dan dimasukkan ke dalam proyek 11 jalur sepeda yang akan dibangun di kawasan yang sama. Jika digabung dengan 11 jalur sepeda tersebut anggarannya mencapai Rp 28 miliar.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here