Kiper Manchester City, Ederson (Foto: AS)

MATA INDONESIA, MANCHESTER – Kiper Manchester City, Ederson mengaku piawai dalam urusan menendang penalti. Kiper asal Brasil berminat jadi eksekutor penalti The Citizens.

City memiliki banyak penendang penalti bagus, tapi belum ada yang benar-benar konsisten. Gabriel Jesus, Raheem Sterling, Sergio Aguero, Ilkay Gundogan hingga Kevin De Bruyne masing-masing pernah gagal mencetak gol dari titik 12 pas.

De Bruyne menjadi eksekutor terakhir City yang gagal mencetak gol dari titik penalti saat menghadapi Liverpool bulan lalu. Dengan percaya diri, Ederson mengaku siap jadi eksekutor klub jika dipercaya.

“Saya tak banyak latihan tendangan bebas. Saya sering berlatih penalti dan ketika bermain bersama Riberao, saya mengambil beberapa kali tendangan bebas, tapi itu di masa lalu,” kata Ederson, dikutip dari talkSport, Selasa 1 Desember 2020.

“Itu di masa lalu dan kami punya banyak penendang bebas yang bagus. Saya penendang penalti terbaik, tapi saya tak pernah dipilih untuk menendang penalti,” ujarnya.

Di 2018, Pep Guardiola pernah menegaskan, takkan membiarkan Ederson menjadi penendang penalti di pertandingan resmi.

“Tidak, itu takkan terjadi, karena dia kiper. Ada pemain lain yang bisa menjadi penendang penalti. Hormati lawan, hormati kompetisi. Jika situasinya pertandingan persahabatan, adu penalti, mungkin dia bisa menjadi penendang, tapi selama pertandingan (resmi), tidak,” tegas Guardiola.

Kiper menjadi eksekutor penalti sebenarnya bukan hal aneh. Mantan kiper Paraguay, Jose Luis Chilavert adalah eksekutor penalti reguler. Pun demikian dengan mantan kiper Brasil, Rogerio Ceni.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here