Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

MATA INDONESIA, JAKARTA – Media sosial dihebohkan kabar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyusul Menhub Budi Karya yang positif virus corona. Bahkan Basuki diisukan dikarantina bersama Budi di RSPAD Gatot Soebroto.

Mendengar kabar itu, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja langsung membantahnya. Endra memastikan bahwa Basuki dalam kondisi sehat.

“Tidak betul (dikarantina). Beliau ada di rumah dinas dalam keadaan sehat walafiat,” kata Endra di Jakarta, Minggu 15 Maret 2020.

Sebelumnya Basuki dikhawatirkan ikut tertular virus corona. Sebabnya, pada Rabu 4 Maret lalu bersama Budi Karya meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dibangun PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Diakui Endra, dirinya masih berkomunikasi dengan Basuki sejak pagi hingga malam hari untuk membicarakan berbagai urusan pekerjaan menyangkut bidang PUPR.

Tak hanya Basuki, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil pun dikabarkan ikut dikarantina menyusul pertemuannya dengan Budi Karya saat rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 11 Maret 2020.

Rapat terbatas mengenai Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertanahan di Sumatera Utara itu digelar di Kantor Presiden, Jakarta. Tampak Sofyan duduk bersebelahan atau di sisi kanan Budi Karya yang tengah berbincang dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Sementara di sisi kiri Sofyan, duduk Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati, Sofyan tidak dikarantina dan negatif terjangkit virus Corona (Covid-19).

Yulia menjelaskan, Sofyan pun melakukan uji kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada Sabtu (14/3). “Pak Menteri ATR/Kepala BPN sudah melakukan tes hari ini di RSPAD dan hasilnya negatif, terima kasih,” kata Yulia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan terjangkit virus Corona (Covid-19). Hal tersebut disampaikan dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu 14 Maret 2020.

Awalnya wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya menjelaskan adanya pejabat pemerintah yang positif virus corona dengan nomor identitas pasien 76. Lalu Pratikno yang mendampinginya mengonfirmasi bahwa pejabat yang dimaksud adalah Budi Karya.

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh kepala RS tadi adalah Pak Menhub,” kata Pratikno.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here