Data Pentagon: Intelijen AS Sudah Prediksi Corona Sejak 20 Tahun Lalu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pentagon mengalami kebocoran data kenegaraan yang rahasia terkait corona atau Covid-19 yang kini mewabah di Amerika Serikat.

Dalam dokumen berjudul ‘USNORTHCOM Branch Plan 3560: Pandemi Influenza dan Infectious Disease Response’ yang dibuat 2017 lalu itu, secara khusus disebutkan ciri-ciri virus yang benar-benar mirip corona.

“Intelijen telah mengingatkan ancaman ini selama dua dekade (20 tahun), dan memperingatkan bahayanya dalam lima tahun terakhir,” kata eks Kepala Divisi Penyakit Menular dan Penanggulangan Pentagon Danis Kaufman.

Dalam dokumen tersebut ciri-ciri virus yang dimaksud sama seperti Covid-19, yakni menyebabkan kematian akibat rusaknya sistem pernapasan. Di sisi lain, virus ini akan mengakibatkan kelangkaan alat medis dan pasien yang membludak.

“Ancaman paling signifikan adalah penyakit pernapasan, yakni influenza jenis terbaru,” tulis dokumen milik Pentagon tersebut, seperti dikutip dari PressTV.com, Kamis 2 April 2020.

Dalam dokumen 103 halaman itu, rencana respons juga memperingatkan tentang kelangkaan peralatan medis setelah penyebaran virus terjadi secara massal, termasuk kelangkaan sumber daya, seperti logistik yang diperlukan masyarakat.

Pentagon sudah mengingatkan Presiden AS Donald Trump tentang ancaman Covid-19 ini sejak lama.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini