Danau Sentani Papua Mengering, Benda Purbakala Bermunculan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Benda-benda purbakala peninggalan megalitik bermunculan di Danau Sentai, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Hal itu terjadi, karena kondisi danau yang mulai surut karena musim kemarau.

Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto menyebutkan benda-benda megalitik ini sebelumnya sempat dikhawatirkan hilang atau tergeser posisinya akibat banjir bandang yang melanda Sentani pada Maret 2019.

Biasanya saat kondisi permukaan air Danau Sentani sedang pasang, tinggalan-tinggalan air ini hanya terlihat samar-samar berada dalam air.

Benda-benda pubakala itu terlihat di Pulau Asei, pulau kecil di tengah Danau Sentani bagian timur. Tinggalan menhir yang sebelumnya berada di dalam air, sekarang nampak terlihat jelas, bahkan ukirannya nampak terlihat jelas sekali.

Selain itu juga papan batu di Tanjung Warakho, Kampung Doyo lama, air danau surut, menjadikan papan batu ini tampak terlihat jelas di permukaan tanah tepi danau. Posisinya juga tepat berada di posisi semula, tidak bergeser.

“Sejumlah menhir juga terlihat jelas di perairan Pulau Mantai. Dua buah menhir berukuran besar yang dipercaya oleh masyarakat Sentani bagian barat sebagai laki-laki dan perempuan dewasa,” katanya.

Tidak jauh disampingnya, kata dia terdapat 10 batu menhir berukuran lebih kecil yang dipercaya sebagai anak-anaknya. Menhir-menhir ini dikenal sebagai Ainining Duka atau batu beranak.

Menhir atau masyarakat Kwadeware menyebutnya batau rejeki atau batu marew juga nampak terlihat jelas di pinggir Pulau Mantai, berjarak sekitar 10 meter sebelah selatan batu beranak.

“Pada masa lalu tinggalan megalitik ini berkaitan dengan kepercayaan pada roh nenek moyang atau kekuatan supranatura,” katanya.

8 KOMENTAR

  1. Danau Sentani mempunyai kisah cerita leluhur Suku2 besar yang mendiami danau tsb,beberapa pulau2 kecil, Putali,Kensio,Ifale dan lainnya. Sejak dulu kala Danau sentani menjadi sumber kehidupan Masyarakat danau Sentani
    Pembangunan sekitar Danau Sentani tidak memperhatikan Pembangunan berwawasan maka Danau sentani menjadi keruh dan kotor serta sampah2 ikut masuk dalam sungai yang menjadi sumber kehidupan masyarakat danau tsb.
    Sedimen2 lumpur akibat pembangunan,menebal dalam dasar sungai membuat volume air berkurang akibat sedimen meninggi maka pada musim panas air menguap akibat sungai surut.
    Pemerintah harusnya memahami venomena alam
    Maka dapat diatasi dengan penghijauan serta pembatasan pembangunan baik di lereng gunung Siklop dan sekitar danau.sentani.

  2. Saya semenjak corona ini dan sekeluarga sampai harus diusir dirumah karena uang kami tidak cukup padahal sudah 3 tahun kami kontrak rumah, sekarang kami tidak punya tempat tinggal, sekolah saya pun hampir mangkir sudah 2 bulan tak belajar daring akibat keuangan, semoga aja virus ini verakhir ya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini