Dahlan Iskan ingatkan manuver Golkar yang desak cetak uang.
Dahlan Iskan ingatkan manuver Golkar yang desak cetak uang.

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengajak warga Indonesia, terutama yang pesimistis dan malas bekerja untuk lebih giat lagi dan optimis menghadapi kondisi ekonomi kuartal kedua yang minus 5,3 persen. Sebab, Indonesia masih punya peluang dan itu bisa membanggakan asal kepentingan politik bisa disingkirkan.

Sebab, baru pada kuartal kedua pertumbuhan ekonomi Indonesia minus. Padahal negara-negara lain, menurut Dahlan, sudah minus sejak memasuki tahun 2020 karena hantaman Covid19 sejak Desember 2019.

Selain itu, Indonesia masih memiliki sektor yang pertumbuhannya baik selama Pandemi Covid19 yaitu pertanian.

Menurut Dahlan melalui laman DI’s Way, pertumbuhan sektor pertanian tanpa cara yang luar biasa masih di angka 5 persen.

Selain pertanian, menurut Dahlan peternakan dan perikanan adalah modal Indonesia untuk bisa lolos dari lubang resesi seperti Cina sekarang yang tumbuh positif sendirian.

Dahlan berharap dengan penanganan yang luar biasa atau extraordinary sektor-sektor itu bisa tumbuh lebih tinggi lagi sehingga bisa menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan.

Menurut Dahlan, untuk bisa membuat terobosan menggairahkan sektor yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi itu, harus dilakukan di sisa tahun 2020 ini.

Namun dia mengingat hambatan politis yang sering menjadi pengacau karena masih berlangsungnya “jatah-jatahan” di kalangan politisi dan pejabat politis.

Maka, perlu pejabat dengan kreatifitas tinggi untuk mendobrak kebuntuan daripada mereka yang lebih suka melakukan cara-cara lama, karena menurut Dahlan, kekuasaan sudah tidak ada artinya lagi dalam situasi pandemi sekarang.

Sebab, jika kuartal ketiga pertumbuhan tetap negatif berarti Indonesia resmi masuk resesi kita semua bakan tambah sulit.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here