Daftar Harga Telur di Berbagai Wilayah Indonesia dari Peternak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat ini, telur ayam menjadi produk ternak dengan permintaan paling tinggi di pasaran. Karena hal tersebut, harga telur ayam kian meroket tinggi. Bahkan, diperkirakan kenaikan ini akan terus berlanjut hingga awal tahun depan.

Pada dasarnya, sebelum jatuh ke tangan konsumen, telur-telur tersebut harus melewati beberapa tahap terlebih dahulu.

Pertama, para pemasok akan mengirimkan permintaan terhadap peternak. Selanjutnya, pemasok dan peternak akan bertransaksi untuk menentukan harga. Setelah harga disepakati oleh kedua belah pihak, pemasok akan menyuplai telur-telur tersebut ke pedagang grosir.

Di tangan pemasok, harga telur tidak sama dengan harga yang ditetapkan oleh peternak. Mereka menjualnya dengan harga yang lebih mahal.

Setelah sampai kepada pedadang grosir, telur-telur tersebut akan dibeli oleh pedagang eceran. Dari pedagang eceran tersebut lah telur akan sampai ke tangan konsumen.

Dalam satu wilayah, harga telur tidak selalu sama antara peternak satu dengan yang lainnya. Harganya bervariasi, dengan selisih antara Rp 200 hingga Rp 600 per kilogram. Hal ini disebabkan oleh kualitas telur itu sendiri, perbedaan berat timbangan dan ukuran telur, serta apakah telur tersebut stock lama atau baru.

Mengutip laman Youtube Sahabat Peternak per tanggal 21 Desember 2020, harga telur dari peternak di Banten mencapai Rp 25.500 per kilogram. Harga ini naik Rp 200 dibanding harga sebelumnya. Sedangkan di Bogor, harga telur turun Rp 200 menjadi Rp 25.300 per kilogram. Untuk harga telur di Bandung dan Sukabumi menyentuh harga Rp 26.000 per kilogram.

Di Jawa Tengah, harga telur terendah terdapat di Surakarta dengan kisaran Rp 24.200. Harga ini turun Rp 300 dibanding hari sebelumnya. Sedangkan di Magelang, Banyumas, dan Yogyakarta harga telur mencapai Rp 24.800 per kilogram.

Harga telur berkisar Rp 23.000 hingga Rp 25.000 di Jawa Timur. Di Bangkalan contohnya, harga telur menembus Rp 25.500 untuk setiap kilonya. Sedangkan di Jember harga telur mengalami penurunan sebanyak Rp 600 menjadi Rp 23.600 per kilogramnya.

Di Sumatrea Selatan harga telur ayam mencapai Rp 23.500 per kilogram. sedangkan, di Lampung mencapai harga Rp 25.000 per kilogram.

Reporter: Diani Ratna Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini