Daerah Ini Masih Mengalami Musim Kemarau Ditengah Perubahan Musim Pancaroba

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia memasuki puncak musim kemarau pada Agustus 2020 dan memasuki musim pancaroba pada September 2020 lalu. Begitu seperti yang diumumkan oleh Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG, Miming Saepudin.

Secara umum, awal periode musim pancaroba dimulai dari bulan September. Maka dari itu, potensi terjadinya cuaca ekstrem seperti puting beliung, angin kencang, hujan lebat disertai petir, harus diwaspadai selama periode tersebut.

Akan tetapi, memasuki bulan September ada beberapa wilayah masih di puncak kemarau seperti Kalimantan. Curah hujan rendah selama September 2020. Musim kemarau masih terjadi di beberapa wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Papua bagian Selatan.

Miming juga mengatakan ada kemungkinan kekeringan dengan level tinggi ada di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Lalu, daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di Sumatra dan Kalimantan kiranya akan mengalami curah hujan intensitas sedang pada bulan September 2020.w

Reporter: Nabila Rahadiantinur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini