Cuma Modal Botol Plastik, di Negara Ini Turis Bisa Naik Kereta Gratis

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Saat ini hampir semua negara di dunia berusaha menjadikan kotanya untuk ramah lingkungan. Salah satunya Roma yang menawarkan tiket kereta gratis untuk wisatawan yang mendaur ulang botol plastik menggunakan mesin yang dipasang di tiga stasiun.

Inisiatif ini diluncurkan sejak Juli lalu, terbukti 350 ribu botol plastik telah didaur ulang. Langkah ini akan diperluas ke seluruh jaringan kereta dan akan berjalan hingga Juli tahun depan, seperti dikatakan pihak perusahaan transportasi kota ATAC.

Seperti diberitakan Reuters baru-baru ini, mesin-mesin memproses 20 ribu botol setiap hari, dan rata-rata pelanggan membawa antara 15 hingga 20 botol sekaligus.

Beberapa orang yang bersemangat telah mengumpulkan sebanyak 3.500 botol dalam waktu kurang dari 20 hari. Jika dikalkulasikan, akan menghasilkan sekitar 175 tiket.

Skema ini disambut sangat baik oleh penduduk kota lantaran masalah pengumpulan sampah sudah kronis.

“Jika Anda menggunakan uang untuk melibatkan orang dalam daur ulang, bahkan mereka yang tidak memiliki kesadaran warga akan mendaur ulang,” ujar salah satu warga Roma Claudio Perelli kepada Reuters ketika ia memasukkan botol-botolnya ke salah satu mesin.

Untuk mendapatkan tiket tersebut, penumpang perlu mengunduh aplikasi ke telepon genggam mereka, kemudian mereka mendaftarkan jumlah tiket yang mereka peroleh berdasarkan jumlah botol yang dimasukkan ke mesin daur ulang.

Satu tiket berlaku untuk 100 menit biaya perjalanan dengan 30 botol yang harus dimasukkan ke mesin dengan label barcode. Dengan begitu, mesin dapat membaca dan mendaftarkannya ke aplikasi.

Pintu putar kereta dapat langsung membaca aplikasi di ponsel sehingga komuter yang berpartisipasi dalam inisiatif ini tak perlu membeli tiket kertas biasa.

Roma adalah ibu kota pertama di Uni Eropa yang meluncurkan langkah di stasiun kereta. Langkah serupa ini diterapkan di Beijing dan Istanbul.

 

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini