CSIS: Sulit Mencari Pengganti Megawati

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) dinilai tak bisa terus bergantung pada Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri dalam kiprah di panggung politik.

PDIP sepertinya sadar perlu ada regenerasi. Lantas siapa yang layak menjadi suksesor Mega untuk mengendalikan tampuk pimpinan Partai Banteng moncong putih tersebut? Apakah Puan Maharani, atau Prananda Prabowo?

Pengamat politik senior dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi mengatakan bahwa soal regenarsi tentu akan terjadi dalam tubuh PDIP. Namun sulit diprediksi kapan regenerasi tersebut akan terjadi.

“Regenerasi itu penting. Karena tirani tidak bisa di negosiasi terus. Jadi menurut saya ini sudah disadari oleh Bu Megawati,” katanya dalam seusai diskusi di Kantor Para Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat 2 Agustus 2019.

Kristiadi pun menilai gejala regenerasi di PDIP sudah mulai terlihat. Sejumlah tokoh muda mulai dilibatkan dalam struktur kepengurusan partai berlambang kepala banteng tersebut. Regenerasi PDIP juga dimaksudkan untuk menghadapi tantangan dan tugas politik ke depan yang semakin kompleks.

“Saya bisa memastikan dia (Puan-Prananda) tidak punya kemampuan yang sama, karismanya berbeda. Tapi, kemampuan dan karisma Puan atau Prananda sebagai pemimpin bisa dibentuk perlahan, tapi tetap tak bisa sama dengan Megawati” ujar Kristiadi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa entah cocok atau tidaknya Puan maupun Prananda menjadi penerus Megawati tergantung publik dan internal partai. Bila PDI Perjuangan ingin tongkat estafet kepemipinan partai dilanjutkan trah Soekarno, maka karakter kepemimpinan dan karisma Puan dan Prananda harus dibentuk.

Selain itu, menurutnya, mencari pemimpin serupa Megawati bukan pekerjaan mudah. Ini terkait takdir dan jalan hidup seseorang. Cara lain mencari pemimpin PDI Perjuangan setelah Megawati, kata dia, yakni dengan menetapkan standar kepemimpinan yang rasional.

“Jadi saya kira bisa dimulai kalau secara parsial ada tempat penting seperti ketua harian yang dipimpin orang yang muda,” katanya. (Krisantus de Rosari Binsasi)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini