Covid19 Timbulkan Peluang Baru Ekonomi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keuntungan dari Pandemi Covid19 untuk ekonomi Indonesia adalah timbulnya kreativitas yang berpeluang baik.

“Bahwa setiap musibah itu selalu ada hikmah. Artinya sebenarnya ada sisi keuntungan yang juga bisa kita peroleh,” kata Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa dan SDA Kemenko Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi di Jakarta, yang dikutip Jumat 19 Juni 2020.

Dia menyontohkan industri kesehatan Indonesia harus bisa tampil seperti alat kesehatan, alat pelindung diri (APD) dan sebagainya.

Edi ingin mendorong produk itu memiliki standar yang bisa dijual ke pasar global nantinya.

Selain itu, ia juga mengatakan keahlian para peneliti dalam menciptakan obat atau vaksin dengan sumber daya alam yang ada di Indonesia juga harus didukung dan terus dikembangkan.

Itu semua harus bisa dijadikan sumber pendapatan baru bagi masyarakat dan bagi negara dengan menembus pasar ekspor.

Sementara itu ekonom sekaligus rektor Unika Atmajaya Dr A Prasetyantoko mengatakan pandemi Covid19 yang terjadi di Indonesia saat ini juga terjadi di negara-negara lain di dunia.

Dia menilai UMKM yang mengadopsi teknologi akan bisa berkembang menjadi penopang ekonomi juga. Hal itu bisa ditemui dengan aplikasi pemesanan makanan yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia.

Teknologi, menurutnya, akan menjadi aspek penting dalam pengembangan UMKM di masa datang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini