Covid-19 Lebih Sulit Diberantas Hanya Dengan Vaksin

Baca Juga


MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus SARS-Cov-2, awalnya diketahui berasal dari hewan. Hal itu menjadi penyebab penyakit Covid-19 yang ditimbulkannya akan sulit diberantas, tak seperti virus cacar.

Dahulu, cacar menjadi salah satu penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Banyak orang meninggal dunia akibat penyakit menular ini di zaman Mesir kuno sampai tahun 1978. Beberapa orang yang terhindar dari kematian justru mendapat bekas luka yang tidak bisa hilang seumur hidup.

Melihat kejadian ini, dokter asal Inggris bernama Edward Jenner mencoba mengembangkan vaksin pertama di dunia.

Ternyata membasmi cacar dari muka bumi ini membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu sekitar 200 tahun.

Pada abad ke-19, mulai dilakukan vaksinasi seluruh dunia. Hingga tahun 1950-an, para negara maju berhasil menurunkan kasus cacar.

Di tahun 1978, efektivitas vaksin tersebut semakin terasa karena kasus cacar semakin berkurang secara drastis di seluruh dunia.

Para pakar menyimpulkan menghilangkan cacar dari muka bumi sangat membutuhkan kerja sama internasional.

Selain cacar, manusia juga berhasil menghilangkan Virus Polio menggunakan vaksin. Maka sangat wajar jika, banyak kalangan berharap penyakit Covid-19 bisa diberantas dengan vaksin untuk menghentikan penularan Virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit saluran pernapasan itu.

Namun, Covid-19 tampaknya jauh lebih sulit diberantas dengan vaksin dibandingkan cacar, meski bukan berarti mustahil.

Saat ini, vaksin disuntikkan untuk mencegah penularan Covid-19 agar penularannya tidak menyebabkan sakit berat hingga kematian. Bukan untuk menghilangkan Virus SARS-Cov-2 yang menjadi penyebab penyakit tersebut.

Jadi, kenapa Covid-19 lebih sulit diberantas? Karena pada awalnya virus ini menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya sehingga, virus tersebut akan sulit diberantas.

Seperti DBD, disebut pula penyakit zoonosis yaitu penularan dari hewan ke manusia karena di antaranya melibatkan dua organisme berbeda dan penyakitnya sulit dikontrol tetapi bisa dicegah. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini