Covid-19 Bisa Ditaklukkan dalam 2 Bulan? Begini Tips dari Bill Gates

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Mantan orang terkaya nomor satu di dunia sekaligus pendiri Microsoft, Billa Gates, meyakini corona atau Covid-19 yang kini menjadi pandemi global bisa diakhiri hanya dalam waktu dua bulan saja.

Ia menyebut, ada dua kunci penting untuk mengendalikan virus asal Wuhan, Cina ini. Pertama, Gates meminta seluruh negara melakukan pengetesan massal, namun dengan standar yang baik. Kedua, negara perlu mengambil kebijakan shut down, hanya untuk sementara waktu.

“Bila sebuah negara melakukan pekerjaan baik, mungkin ini hanya sampai 6 atau 10 minggu, lalukasus akan semakin sedikit,” kata Gates dalam sebuah diskusi Ask Me Anything di Reddit.

Ia menjelaskan, shut down yang dimaksud adalah serupa dengan social distancing. Pengetesan dan juga jaga jarak sosial yang dilakukan sekitar dua sampai tiga minggu dinilai Gates cukup efektif untuk menurunkan tingkat infeksi yang terjadi di suatu negara.

Gates menilai dampak Covid-19 terhadap perekonomian suatu negara, khususnya negara-negara berkembang, cukup mengkhawatirkan. Namun akan jauh lebih mengkhawatirkan bila masyarakat di negara berkembang dan negara-negara dengan kapasitas rumah sakit rendah tidak mampu menjalani anjuran jaga jarak sosial sebaik negara-negara maju.

Selain itu, Gates juga mengungkapkan ada satu hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu negara bangkit dari pandemi Covid-19. Hal tersebut adalah bersikap tenang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini