Cina Kembali Tegaskan Bantu Penuh Indonesia Perangi Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk kesekian kalinya, Cina membantu penuh Indonesia memerangi penyebaran Covid19 yang diakibatkan virus corona jenis baru. Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menyebut pemerintah dan masyarakat Indonesia sudah membantu negeri Tirai Bambu itu melewati masa-masa sulit.

“Saat China melewati masa tersulit dalam penanganan wabah virus corona, Pemerintah Indonesia telah menyumbangkan bantuan peralatan medis kepada Cina. Pemimpin pemerintah dan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan juga telah melakukan aksi nyata untuk mendukung China dalam bentuk telepon, donasi, surat, video, pengumpulan tanda tangan, dan lainnya,” kata Xiao di Jakarta, Selasa 5 Mei 2020.

Sebaliknya, saat Indonesia sedang dilanda wabah kini, Dubes Xiao menyebut pemerintah dan rakyat Cina memiliki simpati yang sama.

Melalui berbagai bentuk dukungan termasuk dalam perbincangan telepon Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping pada 2 April lalu, saat Presiden Xi bertekad Cina membantu penuh Indonesia.

Bantuan dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah China berupa alat-alat kesehatan, alat tes virus corona, dan alat pelindung diri (APD) juga telah didistribusikan.

Telah ada pula pertukaran informasi, kebijakan, dan teknologi antara ahli dari kedua negara terkait pengendalian wabah dan penanganan pasien.

Pertengahan April lalu, ahli dari Rumah Sakit Pertama Universitas Peking, Rumah Sakit Zhongshan yang berafiliasi dengan Universitas Fudan Cina mengadakan konferensi melalui video dengan para ahli medis dari Indonesia, termasuk Tim Dokter Kepresidenan RI, RS Pertamina, serta Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini