Cina Berhasil Nyalakan Matahari Buatan, Bakal Tak Mengenal Malam?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Masih ingat ambisi Cina yang membuat matahari buatan? Nah, kini mereka sudah berhasil menyalakannya untuk pertama kalinya.

Mengutip kantor berita AFP, pengembangan matahari buatan yang merupakan reaktor fusi nuklir, dinilai sebagai wujud keberhasilan bahwa kemampuan riset nuklir Cina telah sangat berkembang dan bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Reaktor HL-2M Tokamak adalah perangkat fusi nuklir terbesar dan paling canggih yang dikembangkan oleh para ilmuwan Cina. Perangkat itu diharapkan bisa menjadi sumber energi ramah lingkungan di masa depan.

Menurut People’s Daily, surat kabar milik Partai Komunis Cina, reaktor HL-2M Tokamak memanfaatkan medan magnetik yang sangat kuat untuk meleburkan plasma panas yang bisa mencapai suhu di atas 150 juta derajat Celcius atau 10 kali lebih panas dari inti Matahari.

Berlokasi di Provinsi Sichuan dan rampung dibangun akhir 2019 kemarin, reaktor fusi nuklir ini sering dijuluki sebagai matahari buatan karena tingginya suhu serta besarnya energi yang dihasilkannya.

“Pengembangan energi fusi nuklir bukan satu-satunya cara untuk menjawab kebutuhan energi strategis Cina, tetapi juga penting untuk pembangunan energi serta ekonomi nasional yang berkelanjutan,” jelas People’s Daily.

Adapun para ilmuwan Cina telah mulai mengembangkan reaktor fusi nuklir berukuran kecil sejak 2006. Fusi nuklir sendiri dianggap sebagai puncak dari pengembangan energi, karena meniru cara Matahari menghasilkan energi.

Dalam proses fusi, nukleus atom dilebur untuk menghasilkan energi yang sangat besar. Kebalikannya adalah proses fisi nuklir yang digunakan dalam pembuatan senjata atau bom atom, pembangkit listrik tenaga nuklir.

Berbeda dari proses fisi, dalam fusi nuklir tak ada emisi gas rumah kaca yang dihasilkan. Risiko juga lebih rendah dan peluang pencurian material atom juga sangat kecil kemungkinannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini