Challenge TikTok Siram Bayi dengan Air, Jangan Senang Dulu Ternyata Ini Bahayanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Demi ingin kontennya dilihat banyak orang di TikTok, banyak dari mereka melakukan hal-hal yang berisiko. Salah satunya, seperti yang dilakukan orang tua menjahili bayi mereka dengan menumpahkan air dalam gelas atau botol lalu merekam reaksi sang buah hati.

Tantangan menyiram air alias water spill challenge itu biasanya diiringi pilihan audio “What you doin’ with that uh uh, UH”.

Alhasil, para bayi yang terlihat ingin minum ini justru kaget mengetahui tingkah sang ibunda. Kebanyakan reaksi yang para bayi tunjukkan kaget dengan beragam ekspresi, mulai dari sekedar melotot, tampak bingung hingga menangis.

Dari sisi kesehatan sebenarnya adakah dampak buruk perlakukan ini untuk anak? Dokter spesialis jantung, Vito Anggarino Damay mengatakan, saat seseorang kaget maka detak jantungnya meningkat.

“Semakin kaget, mendadak tiba-tiba atau tidak terduga maka detak jantung akan semakin kencang. Hal tersebut karena respons involunter (tidak sadar) tubuh kita terhadap kejadian mendadak membuat tubuh mengaktifkan respon stres bereaksi fight or flight namanya,” kata dia.

Menurutnya, belum ada penelitian yang menunjukkan dampak terburuk kaget pada anak dalam jangka panjang. Namun, dari sisi mekanisme jantung bukan kondisi normal untuk jantung yang dikagetkan, salah satunya seperti yang dilakukan para ibu dengan menumpahkan air ke bayi mereka untuk TikTok Challenge.

Anak-anak mungkin saja memiliki kelainan jantung bisa berat atau ringan dan orang tua mungkin tidak tahu. Vito menyarankan anak-anak mendapatkan pemeriksaan jantung untuk mendeteksi dini ada tidaknya kelainan jantung.

“Jika memang kelainan pada anak, cepat lelah dibanding usia sebayanya, tampak membiru pada mulut atau ujung jari, atau terlihat berkeringat dingin setelah aktivitas, maka sebaiknya check up jantung dilakukan lebih awal,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini