Cegah Karhutla di Sumsel, Helikopter Bom Air Disiagakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) menyiapkan dan menyiagakan sejumlah helikopter bom air untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, memasuki musim kemarau tahun ini.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah berkata, heli itu akan digunakan untuk memadamkan titik panas yang muncul, sekaligus melakukan patroli pencegahan.

“Peralatan perlengkapan pencegahan karhutla sebagian telah disebar ke lokasi rawan terutama di areal gambut,” kata Iriansyah di Palembang, Selasa 7 Juli 2020.

Selain helikopter, pihaknya juga menyiapkan kendaraaan operasional resque dan truk dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan terkait, kendaraan pemadam minilog, dan kendaraan roda dua yang sudah dimodifikasi untuk pemadaman api.

Selain itu juga ada mesin pompa yaitu pompa apung, pompa jinjing dan nozel serta peralatan karhutla lainnya. Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan pendanaan bagi daerah rawan karhutla.

Ada 10 daerah yang dinyatakan rawan karhutla di antaranya Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, dan Ogan Komering Ulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini