Cegah Corona, JK Munculkan Opsi Lockdown

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Eks Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut, salah satu langkah untuk mencegah penyebaran corona di Indonesia adalah dengan mengambil keputusan ‘lockdown’. Ia mengartikannya bahwa Indonesia harus menutup akses dari luar ke dalam negeri.

JK berpendapat, lockdown harus diambil, mengingat Organisasi Kesehatan Duni (WHO) sudah menetapkan wabah Covid-19 sebagai pandemi global.

“Cina sudah berhasil memperlambatnya. Cina sangat disiplin, dan bisa melakukan itu,” kata JK di Jakarta, Kamis 12 Maret 2020.

Namun, ada konsekuensi yang harus ditanggung Indonesia jika menetapkan lockdown sebagai solusi pencegahan corona. Ia berkata, konsekuensi ekonomi adalah yang paling dekat, namun Indonesia diyakininya siap dengan hal tersebut.

Ia juga mencontohkan negara lain seperti Amerika Serikat (AS) saja sudah menutup akses dari negara-negara yang terpapar virus Covid-19.

“Amerika saja sudah melarang orang Eropa datang ke AS. Sudah begitu urgent, karena ini musuh yang tak tampak dan berbahaya,” ujar JK.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu pun menyarankan untuk menunda pertemuan yang dihadiri orang banyak. Pasalnya, penyebaran virus corona akan terus bertambah setiap harinya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini