Catat! Untuk Hindari Joki, Kini BKN Gunakan Pendeteksi Wajah Bagi Peserta Tes CPNS

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Maraknya joki saat pelaksanan seleksi CPNS, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal menggunakan face recognition yaitu kamera yang akan mendeteksi wajah peserta tes.

“Hal itu dilakukan untuk memperkecil adanya kecurangan selain menggunakan computer assisted test atau CAT,” ujar pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono di Jakarta.

Aplikasi CAT terdiri dari soal dan pilihan jawaban, navigasi nomor soal, serta indikator waktu. Soal berada pada posisi sebelah kanan layar sementara navigasi nomor soal berada pada sisi kiri layar.

Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam mengerjakan soal CAT adalah dengan memanajemen proses pengerjaan soal. Kamu dapat mengerjakan soal yang sekiranya dianggap mudah terlebih dahulu dan jangan terlalu fokus pada soal yang dianggap sulit.

Karena waktu yang tersedia hanya 90 menit untuk mengerjakan 100 soal, sehingga dibutuhkan perencanaan waktu yang tepat.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta BKN memperketat pengawasan seleksi CPNS 2021 dan PPPK nonguru. Karena banyak kepala daerah yang kurang memahami masalah kepegawaian.

“Seleksi CPNS dan PPPK nonguru ini harus diperhatikan BKN karena kepala daerah ini ada yang dari pengusaha dan preman, sehingga kurang memahami roh kepegawaian,” ujar Junimart beberapa waktu lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini