Catat, Kemenkumham Buka Rekrutmen Lebih dari 4000 Pegawai, Begini Cara Daftarnya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah salah satu instansi pemerintah yang membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) bulan ini. Ada 4.598 lowongan di kementerian pimpinan Yasonna Hamonangan Laoly tersebut.

Rekrutmen terbanyak untuk mengisi formasi penjaga tahanan. Ada kebutuhan 2.875 pegawai untuk formasi tersebut.

Selain itu, Kementerian Hukum dan HAM juga akan menerima 657 pegawai untuk Pemeriksa Keimigrasian. Mereka juga hanya disyaratkan lulus dari SLTA atau sederajat.

Kementerian itu juga membutuhkan 291 sarjana psikologi, hukum, komunikasi, ilmu politik, sosiologi, kesejahteraan sosial, antropologi dan bisnis manajemen.

Sedangkan untuk bidang Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa kementerian itu membuka 167 formasi untuk lulusan S1 bidang akuntasi, administrasi pemerintahan, administrasi negeri dan ekonomi pembangunan.

Sementara 91 formasi untuk mengelola bantuan hukum membutuhkan lulusan S1 ilmu hukum, 85 formasi untuk S1 akuntansi dan yang akan ditempatkan sebagai penata keuangan.

Persyaratan utama para peserta seleksi berdasarkan pengumuman Setjen Kementerian Hukum dan HAM adalah:

a.Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan;

b.Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

c. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah;

d. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis; dan

e. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Selain itu usia para peserta pada saat melamar salah satu formasi tersebut pada 1 November 2019;

a. minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun untuk profesi dokter, keperawatan dan sarjana S1.

b. Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk Diploma III;

c. Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun 0 Bulan 0 hari untuk SLTA

Selain itu, tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian: a. Pria minimal 160 cm; b. Wanita minimal 155 cm.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id mulai tanggal 11 – 25 November 2019 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Kartu Keluarga (KK).

Adapun tahapan Seleksi Dokter, Sarjana/S-1 dan Diploma III/ D-III (jenis formasi umum, cumlaude dan Putra Putri Papua dan Papua Barat) : Seleksi Administrasi Verifikasi Dokumen Persyaratan Unggah melalui laman https://sscasn.bkn.go.id; lnformasi lebih lanjut dapat dilihat di laman http://cpns.kemenkumham.go.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini