Catat, Hampir 700 Juta Orang Kelaparan Akibat Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Food and Agriculture Organization (FAO) menerbitkan laporan State of Food Security and Nutrition in the World (SOFI) yang mengungkap penderita kelaparan se-dunia mencapai 8,9 persen penduduk dunia atau mendekati 690 juta jiwa. Itu adalah angka yang dicatat pada 2019 dan kini terus membengkak karena pandemi Covid19.

Dalam dokumen setebal 250 halaman lebih itu, ditegaskan dunia tidak bisa mencapai target zero hunger (tak ada orang kelaparan) pada 2030.

Dampak pandemi Covid19 membuat angka kelaparan pada tahun itu justru akan meningkat dan diperkirakan lebih dari 840 juta orang atau 9,8 persen dari jumlah penduduk dunia yang kini tercatat 10 miliar jiwa.

Laporan yang diterbitkan 13 Juli 2020 tersebut menyebutkan sangat sedikit data yang membangkitkan optimisme dibandingkan tahun sebelumnya.

Beberapa optimisme itu adalah semakin banyak individu yang tidak memiliki akses memperoleh pangan yang memadai peningkatannya sangat mengkhawatirkan yaitu 10 juta orang dalam lima tahun terakhir.

Akumulasinya mencapai 60 juta orang di dunia ini yang tidak bisa mengakses makanan. Jumlah itu hampir setara dengan penduduk Italia. Fenomena itu menurut FAO sudah sangat mengkhawatirkan masyarakat dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini