Cari Cadangan Air, NASA akan Kirim Robot ke Bulan Tahun 2022

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL - Sebuah robot berukuran kereta golf akan dikirim oleh NASA pada 2022 mendatang. Kabarnya, robot itu akan bekerja mencari potensi cadangan air di bawah permukaan bulan.

NASA berharap, jika robot dapat menemukan keberadaan air, maka kemungkinan bisa dipakai astronot untuk minum ketika tengah bekerja di bulan.
Isu keberadaan air di bawah permukaan bulan bermula dari seorang administrator NASA, Jim Bridenstine, yang yakin bahwa ada kantong-kantong berisi ratusan juta ton es nantinya akan dapat menolong semua orang.
“Mengapa ini penting? Karena es mewakili sesuatu yang signifikan. Dukungan seumur hidup,” ujar Bridenstine pada Jumat 25 Oktober 2019 di Kongres Astronautika International.
Robot tersebut nantinya akan dinamai VIPER. Robot itu diperkirakan akan tiba di wilayah kutub selatan bulan pada  Desember 2022, membawa empat instrumen untuk sampel tanah bulan untuk jejak hidrogen dan oksigen, komponen dasar air yang dapat dipisahkan dan disintesis menjadi bahan bakar untuk armada lunar komersial yang direncanakan meluncurkan kendaraan.
Dalam pengembangan di Pusat Penelitian Ames NASA di California, robot VIPER akan mencatat sekitar 100 hari data yang akan digunakan untuk menginformasikan peta sumber daya air global pertama bulan.
NASA sedang dalam proses memulai program Artemis-nya. Program itu merupakan misi yang dipercepat untuk menempatkan orang kembali ke bulan untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an untuk melatih dan membuktikan teknologi yang nantinya akan dikirim dalam misi Mars.
Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini