Canggih, Perusahaan Prancis Sukses Pasang Jantung Buatan ke Tubuh Manusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, PARIS – Carmat, perusahaan perancang dan pengembang jantung buatan tercanggih di dunia –yang bertujuan memberikan alternatif terapeutik bagi penderita gagal jantung biventikular stadium akhir, hari ini mengumumkan implan dan penjualan pertama jantung buatan untuk pasien asal Italia.

Melansir Business Wire, implan jantung ini dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh seorang ahli bedah jantung Dr. Ciro Maiello di rumah sakit Azienda Ospedaliera dei Colli di Naples – salah satu rumah sakit dengan pengalaman terbesar di bidang jantung buatan di Negeri Pizza.

Implan ini merupakan penjualan pertama yang pernah dicatat oleh Carmat sejak perusahaan tersebut berdiri tahun 2008. Ini adalah tonggak sejarah yang membuka babak baru dalam perkembangan perusahaan asal Prancis tersebut.

Sesuai dengan strateginya tahun 2021, Carmat bermaksud untuk memfokuskan upaya pemasaran jantung buatannya di Jerman dan menangani satu atau dua negara Uni Eropa lainnya, termasuk Italia, dengan cara yang lebih oportunistik.

Untuk diketahui, Carmat sudah mendapatkan pengakuan CE Eropa pada Desember 2020 untuk menjual jantung buatan Aeson sebagai jembatan menuju transplantasi. Dengan mendapat CE, suatu produk dianggap telah memenuhi persyaratan standar keselamatan, kesehatan, dan perlindungan lingkungan Uni Eropa.

“Kami senang menjadi pusat pertama di dunia yang menanamkan jantung buatan dalam pengaturan komersial. Operasi telah dilakukan oleh Dr. Ciro Maiello dan Dr. Cristiano Amarelli tanpa kesulitan khusus berkat persiapan yang sangat baik dan kerjasama antara departemen kami dan spesialis dari Carmat,” tutur Prof. Marisa De Feo, Direktur Departemen Bedah Jantung Umum dan Transplantasi di Azienda Ospedaliera dei Colli.

“Pasien pulih dengan baik dan, berkat kombinasi fitur utama perangkat – denyut nadi, hemokompatibilitas, dan pengaturan mandiri, kami percaya bahwa pasien akan mengalami transisi yang cepat ke proses rawat jalan. Saya juga ingin mengambil kesempatan untuk berterima kasih kepada seluruh Departemen Bedah Jantung dan Azienda Ospedaliera dei Colli karena terus berinovasi dalam bidang transplantasi dan bantuan mekanis, dan Wilayah Campania untuk mendukung program kami,” ucapnya.

Sementara Chief Executive Officer Carmat, Stéphane Piat menuturkan bahwa implan jantung komersial pertama adalah tonggak utama dalam sejarah perusahaan. Ia pun meyakini bahwa jantung buatan Carman dapat mengubah kehidupan dan menawarkan manfaat unik bagi pasien, dibandingkan dengan terapi yang sudah ada.

Untuk biaya operasi pemasangan jantung buatan mencapai 150 ribu Euro atau sekitar Rp2,5 miliar yang ditanggung sistem kesehatan regional. Namun, sistem kesehatan nasional di Italia tidak menanggung perawatan sampai telah digunakan selama beberapa tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini