Candi Borobudur Sudah Buka Nih, Tapi Hanya Zona I

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kawasan Candi Borobudur sudah dibuka lagi ya gaes. Kalian bisa kembali berwisata ke destinasi sejarah ini, setelah ditutup sejak 15 Maret 2020 lalu. Tapi, kabarnya yang dibuka baru Zona I saja.

Menurut Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono, pembukaan ini berdasarkan surat dari Bupati Magelang 1 Juli 2020 tentang Izin Penyelenggaraan Kegiatan/usaha, BKB membuka Zona I Candi Borobudur untuk kunjungan wisata.

Selain zona I Candi Borobudur, BKB juga melakukan hal yang sama untuk Candi Mendut dan Candi Pawon.

Hartono memastikan, pembukaan candi sudah sesuai dengan keputusan bersama Mendikbud dan Menpar Ekonomi Kreatif tentang panduan teknis pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Masyarakat perlu mengenal lebih dalam tentang Candi Borobudur ini, tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 maka protokol kesehatan tetap dilakukan, antara lain harus pakai masker, pengukuran suhu badan, tidak boleh berkerumun, menyiapkan tempat cuci tangan, dan jaga jarak,” kata Hartono, Selasa 7 Juli 2020.

Meski sudah dibuka, pengunjung belum diperbolehkan naik ke candi, hanya sampai sebatas pelataran. Hal ini disebabkan, untuk naik ke atas melewati lorong-lorong yang berpotensi membuat pengunjung sulit menjaga jarak.

“Kami juga minta harus ada pemandu yang bisa menjelaskan tentang Candi Borobudur ini, meskipun pengunjung hanya di halaman paling tidak bisa menggambarkan situasi sebenarnya atau cerita relief Candi Borobudur itu,” ujarnya.

Pengunjung yang akan naik ke Zona I, maksimum 20 orang harus dipandu oleh seorang pemandu dan mereka harus membayar jasa pemandu tersebut Rp 100.000 per kelompok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini