Campuran Air Kelapa, Jeruk Nipis dan Garam Diklaim dapat Obati COVID-19? Ini Fakta Sebenarnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ramuan yang diklaim bisa menyembuhkan pasien covid-19 kembali menjadi sorotan di media sosial. Seorang pengguna Facebook, dalam unggahannya, merekomendasikan ramuan herbal berisi campuran air kelapa muda, perasan jeruk nipis, serta garam sebagai obat pereda COVID-19.

Semuanya bahan diaduk dan diminum airnya… dijamin satu jam kemudian virusnya akan hilang….Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat..”

Narasi terkait upaya penyembuhan dari infeksi virus corona jenis baru itu juga telah direspon oleh 20 pengguna Facebook lainnya dan mendapatkan komentar.

Namun, benarkah ramuan herbal tersebut dapat menyembuhkan penderita COVID-19?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini belum mencatat adanya ramuan atau suplemen herbal yang dapat menyembuhkan virus corona jenis baru atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2).

“Saat ini tidak ada bukti yang mendukung penggunaan suplemen herbal untuk mencegah atau menyembuhkan COVID-19,” kata organisasi yang bermarkas di Jenewa, Swiss, dalam laman resminya.

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan masyarakat dari infeksi COVID-19, ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba menciptakan vaksin corona baru itu.

Namun karena belum ada vaksin yang memenuhi syarat, WHO membuka ruang pemanfaatan obat herbal tradisional sebagai alternatif penyembuhan. Dengan catatan, obat herbal itu harus melalui uji klinis terlebih dahulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini