ramuan herbal air kelapa, jeruk nipis dan garam dipercaya bisa sembuhkan pasien covid-19
ramuan herbal air kelapa, jeruk nipis dan garam dipercaya bisa sembuhkan pasien covid-19

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ramuan yang diklaim bisa menyembuhkan pasien covid-19 kembali menjadi sorotan di media sosial. Seorang pengguna Facebook, dalam unggahannya, merekomendasikan ramuan herbal berisi campuran air kelapa muda, perasan jeruk nipis, serta garam sebagai obat pereda COVID-19.

Semuanya bahan diaduk dan diminum airnya… dijamin satu jam kemudian virusnya akan hilang….Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat..”

Narasi terkait upaya penyembuhan dari infeksi virus corona jenis baru itu juga telah direspon oleh 20 pengguna Facebook lainnya dan mendapatkan komentar.

Namun, benarkah ramuan herbal tersebut dapat menyembuhkan penderita COVID-19?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini belum mencatat adanya ramuan atau suplemen herbal yang dapat menyembuhkan virus corona jenis baru atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2).

“Saat ini tidak ada bukti yang mendukung penggunaan suplemen herbal untuk mencegah atau menyembuhkan COVID-19,” kata organisasi yang bermarkas di Jenewa, Swiss, dalam laman resminya.

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan masyarakat dari infeksi COVID-19, ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba menciptakan vaksin corona baru itu.

Namun karena belum ada vaksin yang memenuhi syarat, WHO membuka ruang pemanfaatan obat herbal tradisional sebagai alternatif penyembuhan. Dengan catatan, obat herbal itu harus melalui uji klinis terlebih dahulu.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here