Bursa 2 Desember: IHSG Menguat Hari Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup perdagangan Jumat 29 November pekan kemarin di level 6.011,83 atau naik 0,99 persen. Penguatan IHSG sebelumnya ditopang oleh saham sektor Infrastruktur (+2.28%) dan Keuangan (-1.53%) naik signifikan.

Saham JSMR (+7.63%), EXCL (+3.41%) dan TLKM (+2.88%) berkontribusi membentuk penguatan pada IHSG penutupan pekan lalu. Selain itu, investor asing melakukan aksi jual sebesar Rp 219,81 miliar, dengan saham ASII, BBRI dan UNVR yang menjadi top net sell value investor asing.

“Kekhawatiran investor mulai mereda dan menilai beberapa saham blue chip telah cukup murah untuk saat ini akibat aksi jual institusi keuangan akibat panic redemptions pada reksadana,” ujar Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi, Minggu 1 Desember 2019.

Penguatan IHSG, kata Lanjar, ikut dibayangi oleh rilis data penjualan ritel di German turun ke level 0,8 persen dari 3,4 persen.

“Hal ini memberikan indikasi tekanan pada inflasi zona eropa yang akan rilis di hari yang sama. Harga minyak kelas Texas Barat berfluktuasi sekitar 58 dolar AS per barel,” katanya.

Sementara untuk awal pekan ini, 2 Desember 2019, IHSG diramalkan akan melanjutkan penguatan di dengan support di kisaran 6.000 dan resistance di kisaran 6.100.

“Sentimen penopang laju IHSG hari ini datang dari penantian investor akan data PMI Manufaktur di Tiongkok, Eropa serta AS yang akan rilis diawal bulan Desember,” ujarnya.

Kemudian dari sisi teknikal, pergerakan IHSG membenuk pola piercing line dengan potensi menguji resistance setelah berhasil balik di atas level psikologis 6.000. Selain itu, Indikator stochastic bergerak golden-cross pada area oversold dengan RSI bullish reversal momentum.

“Andikasi lanjutan penguatan IHSG di awal bulan Desember cukup terbuka dengan target optimis berada pada kisaran 6.150, apabila terus kuat di atas level psikologis,” katanya.

Ia pun menyarankan investor mencermati sejumlah saham yang layak beli hari ini yaitu AALI, JPFA, ULTJ, UNVR, KLBF, HOKI, BMRI, BNLI, TBIG, TLKM, JSMR, ASII, CTRA, SMRA, SCMA, AKRA, RALS.

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini