Senin, Oktober 25, 2021

Bupati Bogor Proyeksi Kecamatan Rumpin untuk Calon Ibu Kota Bogor Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wacana pemekaran Bogor Barat kembali mencuat ke permukaan. Kali ini perdebatan mengenai calon ibu kota Bogor Barat, sebelumnya berada di Kecamata Cigudeg, kini bergeser ke Kecamatan Rumpin yang berbatasan dengan Kota Tangerang Selatan, Banten.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Bogor Ade Yasin. Menurutnya, Rumpin jauh lebih strategis ketimbang Cigudeg dalam hal pengembangan wilayah. Diketahui, Cigudeg saat ini berada dalam zona merah rawan bencana, terutama tanah longsor, eperti terjadi awal tahun 2020.

“Rumpin ini kawasan yang sangat strategis. Sebelah utara berbatasan dengan Tangsel, di barat berbatasan dengan Parungpanjang. Kemudian di timur berbatasan dengan dengan Ciseeng dan di selatan berbatasan dengan Leuwiliang,” kata Ade Yasin, Kamis 13 Agustus 2020.

Sehingga, kata Ade, hal ini dianggap sangat potensial untuk menjadi kawasan unggulan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor, jika telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Bahkan kata dia, Rumpin memiliki situ seluas 2,7 hektare, dan sejumlah mata air yang berfungsi sebagai resapan air dan bisa dimanfaatkan untuk pertanian, perikanan dan pariwisata,” katanya.

Selain itu, Rumpin merupakan lokasi Pusat Teknologi Penerbangan Lembanga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan, Balai Diklat Kehutanan dan Markas Komando Detasemen Bravo TNI.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Aktor Serial ‘Friends’, Michael Tyler Meninggal Dunia

MATA INDONESIA, LOS ANGELES - Kabar duka datang dari Hollywood. Aktor serial 'Friends', Michael Tyler meninggal dunia di usia...
- Advertisement -

Baca berita yang ini