MINEWS, JAKARTA-Sebagian besar sayuran memang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah bahkan bisa mendapatkan nilai gizi paling banyak dengan cara ini. Banyak pelaku pola makan sehat beralih ke sayuran mentah. Tapi tahukah Anda, tidak semua sayuran cukup aman untuk dimakan mentah?

Dalam beberapa kasus, beberapa sayuran mentah harus dihindari. Bukan karena rasanya, tetapi karena dapat membahayakan kesehatan. Beberapa sayuran, ketika dimakan mentah, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengandung sejumlah bakteri.

Nutrisi akan mudah terserap jika jenis sayuran ini dimasak sebelum dikonsumsi. Berikut jenis sayuran yang seharusnya tidak dikonsumsi mentah:

1. Brokoli dan bunga kol

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki manfaat gizi. Jika dimasak dengan benar, ia dapat meningkatkan senyawa pencegah kanker yang disebut glukosinolat. Meski begitu, brokoli tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah. Mengonsumsi brokoli secara mentah hanya akan menyulitkan sistem pencernaan untuk memprosesnya.

2. Kecambah

Kecambah mentah seperti kacang hijau bisa tidak aman karena bakteri patogen dapat masuk ke dalam biji, bahkan sebelum mereka tumbuh. Ini dapat berbahaya bagi wanita hamil dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Kecambah mentah bisa menyebabkan kembung jika dikonsumsi mentah. Sebagai gantinya, cobalah tumis dengan minyak zaitun dan sedikit garam atau mengukusnya untuk meningkatkan rasa dan membuat proses pencernaan lebih mudah.

3. Terung (ok)

Terung mengandung senyawa solanin, yang menghambat penyerapan kalsium. Karakteristik awal keracunan solanin terutama adalah nuerologis dan gastrointestinal. Terong muda atau yang dipanen awal mengandung senyawa ini dalam jumlah besar. Makan terung mentah dapat menyebabkan masalah pencernaan dan keracunan solanin.

Gejala umum dari keracunan solanin termasuk muntah, kram perut, mual, sakit kepala, pusing dan diare.

4 Asparagus

Asparagus adalah salah satu sayuran yang rasanya lebih enak dan sehat saat dibumbui dan dimasak dengan benar. Penelitian dari Institute of Food Technologists telah menemukan bahwa memasak asparagus hijau meningkatkan kandungan antioksidannya dibandingkan dengan mengonsumsinya secara mentah.

Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang merupakan sumber vitamin dan mineral penting, terutama folat dan vitamin A, C, dan K. Asparagus kaya akan senyawa penangkal kanker. T

5 Kentang

Kentang, seperti terung, juga mengandung solanin. Indikator yang berguna tentang jumlah solanin dalam umbi kentang adalah pigmen. Warna hijau dapat berarti jumlah tinggi solanin dan toksin chaconine yang menyertainya. Kentang mentah dan hijau, yang tidak boleh dimakan, dapat mengandung senyawa beracun yang disebut glycoalkaloids yang dapat memperburuk sistem pencernaan.

6 Bayam Bayam yang dimasak mengandung lebih banyak kalsium, zat besi dan magnesium. Ketika dikukus, Anda mungkin bisa mencernanya lebih baik dan menyerap zat besi dan kalsium lebih mudah. Bayam mentah mengandung asam oksalat, senyawa alami yang berikatan dengan kalsium dan dapat mengganggu penyerapan kalsium dan zat besi.