Bukan Lagi Sekadar Milik Indonesia, Bahkan Ada Negara yang Jadikan Indomie Makanan Kedua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin tidak ada orang Indonesia yang tidak tahu produk mi instan satu ini, Indomie. Sekarang produk itu juga mulai akrab di enam negara dunia, bahkan menjadi makanan pokok kedua warganya setelah nasi.

Jadi, Kamu tidak perlu khawatir jika saat bepergian ke enam negara itu kangen menyantap mi instan khas Indonesia tersebut. Keenam negara itu adalah;

  1. Arab Saudi
    Melansir arabianoodles, Indomie pertama kali diperkenalkan ke Kerajaan Arab Saudi pada 1986. Awalnya, dipopulerkan pekerja asal Indonesia yang membawanya dari tanah air.

Akhirnya nama Indomie terbawa sampai kalangan kerajaan sehingga membangun tiga pabik mi instan karena permintaanya yang sangat tinggi.

Pabrik utama berlokasikan di Jeddah, yang terbesar ada di kawasan Mena. Bahkan produksi Indomie di Jeddah bisa mencapai dua juta bungkus per hari.

Saat ini, masyarakat Arab Saudi dapat dengan mudahnya memperoleh cita rasa mi instan tersebut, karena dinyatakan halal.

Salah satu rasa yang paling populer yaitu mi goreng. Namun, jangan heran jika melihat kemasan mi instan itu berbeda dari di Indonesia karena ada tambahan tulisan Arab dan bahasa Inggri di kemasannya. Mereka juga menyediakan Indomie dalam bentuk cup, seperti rasa Beef dan Curry.

  1. Nigeria
    Indomie mulai masuk ke Nigeria tahun 1988. Selain karena rasanya yang lezat, faktor lain mi instan itu sangat disukai masyarakat Nigeria ialah harganya yang terjangkau dan cara memasaknya praktis.

Di Nigeria promosi produk mi instan tersebut sangat mengena bagi masyarakatnya dengan slogan “No mama be like you, no noodles like Indomie” yang artinya “Tidak ada ibu sepertimu, tidak ada mi seperti Indomie.”

Mi instan itu juga menjadi makanan pokok ke dua di Nigeria setelah nasi. Sebabnya, Nigeria pernah melalui masa krisis ekonomi, sehingga warganya harus membeli makanan yang terjangkau tetapi tetap enak. Semua itu ada pada Indomie.

Kemasan mi instan di Nigeria juga berbeda karena menggunakan bahasa Inggris, seperti chicken pepper soup, dan oriented fried noodle.

  1. Hong Kong
    Indomie pertama kali diperkenalkan di Hongkong pada 1990-an. Hong Kong memasarkan mi instan tersebut kepada masyarakatnya secara luas melalui demonstrasi sampling di toko-toko ritel dan mendukung kegiatan anak muda serta remaja melalui distribusi sampel.

Saat ini, Indomie telah menjadi mi instan yang dikenal banyak orang Hong Kong dan menjadi Mi Goreng no.1 di Hong Kong. Kemasan dan rasa versi Hong Kong tidak jauh berbeda dengan original Indonesia, hanya saja digunakan bahasa Inggris seperti chicken curry, soto mie flavor, dan Indomie special chicken. Tak lupa dengan rasa mi goreng, dan mi goreng hot and spicy.

  1. Italia
    Jika mengunjungi Italia, terutama jalan-jalan di kota Milan, bersiaplah menemui restoran yang menyediakan menu Indomie goreng. Restoran cepat saji CKN & CKN tersebut memiliki 7 cabang di Milan. Nama pemiliknya Osama, warga negara Mesir yang sudah lama tinggal di Milan.

Mahasiswa dan para dosen di Italia juga menyukai rasa Indomie, karena rasanya mirip dengan spageti dan cara masaknya lebih mudah. Restoran itu juga menyediakan Indomie rasa kaldu udang yang di Indonesia bisa ditemukan di daerah Bangka.

  1. Australia
    Indomie pertama kali diperkenalkan di Australia pada 1990-an. Di awali dari kebiasaan orang Indonesia yang membawa mi instan dari tanah air saat mereka kuliah. Lalu, mi instan itu kian populer dengan rasa mi goreng. Saat ini, Indomie telah menjadi makanan ringan yang dikenal banyak orang Australia, terutama para mahasiswa dan menjadi mi goreng nomor 1 di Australia.

Rasa dan kemasan nya tidak berbeda dari yang beredar di Indonesia, ada mi goreng fried noodles, mi goreng satay flavour, mi goreng jumbo, mi goreng rendang flavour, special chicken soup flavour, chicken flavour dan tersedia juga versi cup.

  1. Amerika Serikat
    Di Amerika Serikat, Indomie mulai masuk pada tahun 1987. Bagi orang-orang keturunan Indonesia yang tinggal di sana, tentunya menjadi konsumen pertamannya karena mendambakan masakan asli dari tanah air. Sama seperti di negara lainnya, rasa mi goreng adalah yang populer di Amerika Serikat. Tidak berbeda dengan versi Australia, Indomie di Amerika Serikat memiliki kemasan yang sama seperti Australia.

Saat ini, Indomie tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia seperti Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, di seluruh Asia, Afrika, Eropa, dan negara-negara Timur Tengah. Memproduksi dengan kapasitas tahunan 19 miliar bungkus, jadi tak heran jika Indomie menjadi mi instan yang disukai dunia. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini