Bukan Jonggol atau Palangkaraya, Benarkah Samboja Jadi Ibu Kota Baru RI?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pulau Kalimantan telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai lokasi ibu kota negara yang baru pengganti DKI Jakarta. Namun, orang nomor satu di Indonesia itu masih menutup rapat-rapat lokasi daerah ibu kota baru tersebut.

Belum diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan lokasi persisnya. Namun, belakangan ini terungkap salah satu wilayah yang siap menjadi Ibu Kota Negara baru RI adalah di daerah Samboja.

Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2.

Mengutip situs Kutai Kartanegara, Samboja ini memiliki penduduk 74.402 jiwa pada 2014 lalu. Samboja memiliki letak yang strategis karena berbatasan langsung dengan pintu gerbang Kalimantan Timur.

Samboja berjarak 1 jam 16 menit atau 44,8 km dari Bandara Sepinggan. Benarkah lokasi tersebut akan menjadi lokasi final Ibu Kota Negara RI yang baru?

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku lokasi Ibu Kota masih rahasia. Ia tidak mau memberikan konfirmasi mengenai Samboja ini. Namun untuk urusan desain memang sudah ada dan dikerjakan Kementerian PUPR.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini