Bukan Hoax, Kepala BNPB Ingatkan Potensi Gempa di Wilayah Selatan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengingatkan bahwa potensi gempa di bagian selatan Jawa bukanlah hoax.

Para peneliti, pernah menyampaikan potensi ini dua minggu lalu dan sempat ada kekhawatiran, karena gempa bisa terjadi kapan saja.

Memang belum ada teknologi yang bisa memprediksi waktu terjadinya gempa. Namun potensi itu terus diamati oleh BNPB dan menyiapkan warga agar selalu waspada.

Sebagian besar masyarakat, khususnya di pesisir selatan, juga minim akan simulasi keselamatan saat gempa. Jenis latihan ini perlu dilakukan bukan hanya untuk pasukan atau aparat, tapi juga untuk warga biasa.

Saat ini, lanjut Doni, pemerintah sedang berusaha agar daerah-daerah rawan gempa di selatan dipasangi alat deteksi dini tsunami akibat gempa. Tapi, yang juga penting adalah membangun sistem agar desa-desa paham akan mitigasi bencana karena tidak semua wilayah memiliki alat deteksi dini.

“Sangat diharapkan media menyampaikan hal-hal kesiapsiagaan masyarakat, mitigasi. Bagaimana cara masyarakat menghindari bencana,” katanya.

 

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini