Kamis, Oktober 28, 2021

Bukan Hanya Ukrania, Dua Negara Ini Juga Dipimpin oleh Seorang Pelawak

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Dunia tengah dibuat kagum atas terpilihnya Volodymyr Zelensky sebagai Presiden Ukrania. Volodymyr sendiri merupakan seorang pelawak yang tidak ada track record sama sekali dibidang politik.

Tapi, berawal dari kisahnya saat memainkan peran sebagai salah satu aktor serial komedi yang menjadikannya sebagai seorang Presiden, hal tersebut lantas membawanya menjadi seorang Presiden sungguhan di dunia nyata.

Tapi ternyata, Volodymyr Zelensky bukan satu-satunya pelawak yang akhirnya bisa menjabat sebagai pemimpin negara. Sebelumnya, sudah ada dua orang pelawak yang lebih dulu berhasil menduduki kursi kepemimpinan negara yang didapati berkat kepercayaan rakyatnya sendiri.

Berikut MINews.id mengulas tiga pimpinan negara yang berawal dari seorang pelawak.

1. Presiden Guatemala, Jimmy Morales

Jimmy Morales, seorang aktor dan komedian terkenal di negaranya, Guatemala akhirnya terpilih secara resmi menjabat sebagai Presiden Guatemala sejak 14 Januari 2016.

Berasal dari keluarga yang tidak mampu, bahkan jauh dari garis silsilah politik, pria yang lahir di Geutamala City pada 18 Maret 1969 ini pun mulai memasuki dunia politik pada tahun 2013 dan sempat menjabat sebagai Wali Kota Mixco.

Selanjutnya, pada tahun 2015, Jimmy pun digadang-gadang untuk menjadi presiden menggantikan Otto Pérez Molina yang mundur dari jabatannya sebagai Presiden Guatemala akibat skandal korupsi yang membuatnya mendekam di penjara.

Berkat kepercayaan penuh dari rakyat Guatemala, Jimmy pun akhirnya berhasil memenangkan Pemilihan Umum Presiden tahun 2015 dengan meraup suara nyaris 70 persen dan akhirnya resmi menjabat sebagai Presiden Guatemala hingga saat ini.

2. Perdana Menteri Slovenia, Marjan Sarec

Pria yang terbilang masih muda, dengan usia baru menginjak kepala empat, Marjan Sarec, berhasil dan resmi menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri Slovenia sejak 13 September 2018.

Sarec sendiri merupakan seorang komika veteran dan aktor yang terkenal dengan ulahnya yang selalu meniru gaya mantan perdana menteri Slovenia sebelumnya. Namun akhirnya, ia benar-benar bisa merasakan posisi sebagai perdana menteri di negara bagian Selatan Eropa Tengah tersebut.

Lahir pada 2 Desember 1977, Å arec pun sempat lulus sebagai aktor dari Akademi Teater, Radio, Film dan Televisi pada tahun 2001. Selanjutnya, ia mulai terjun ke dunia politik pada tahun 2010 dan sempat mencalonkan diri sebagai Wali Kota Kamnik.

3. Presiden Ukrania, Volodymyr Zelensky

Pria bernama lengkap Volodymyr Oleksandrovych Zelensky yang lahir pada 25 Januari 1978 dan baru berusia 41 tahun pun akhirnya benar-benar menjadi seorang Presiden Ukrania di dunia nyata.

Setelah berhasil memenangkan Pemilihan Presiden Ukrania secara telak mengalahkan calon presiden petahana, Petro Poroshenko pada Minggu 21 April 2019 lalu, Zelensky yang berprofesi sebagai aktor dan komedian pada serial film berjudul “Pelayan Rakyat” tersebut pun kebanjiran pujian dari seluruh dunia.

Dengan mengantongi kepercayaan penuh dari rakyat Ukraina, Zelensky yang tidak memiliki track record politik sama sekali itu pun mampu meraup suara hingga 73 persen.

Selanjutnya, Zelensky pun berjanji kepada para pendukung dan rakyat Ukraina yang telah mempercayainya untuk tidak akan mengecewakan dan siap memerangi korupsi, kolusi dan nepotisme yang saat ini menjadi kejengahan rakyat Ukraina.

Berita Terbaru

Bawa 200 Dosis, BIN Gelar Vaksinasi Door to Door untuk Tingkatkan Kepercayaan Turis Melancong ke Wakatobi

MATA INDONESIA, WAKATOBI - Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tenggara atau Binda Sultra melaksanakan vaksinasi door to door di...
- Advertisement -

Baca berita yang ini