Bukan Cuma Ahok, Ini Daftar Tiga Calon Kepala Otorita Ibu Kota Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ternyata Presiden Jokowi tidak menunjuk sahabatnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai administratur ibu kota baru nanti. Ada tiga nama lain yang menjadi kandidat mengepalai badan otorita ibu kota baru tersebut.

Ketiganya adalah Bambang Brodjonegoro, Tumiyana dan Abdullah Azwar Anas. Jokowi menegaskan segera menandatangani peraturan presiden yang mengatur chief executive officer (CEO) Ibu Kota Negara.

CEO IKN nanti ditunjuk dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. “CEO-nya sampai sekarang belum diputuskan, dan akan segera diputuskan insya Allah dalam minggu ini,” kata Jokowi, Selasa 3 Maret 2020.

Abdullah Azwar Anas
Termasuk sebagai kepala daerah yang berhasil memimpin Banyuwangi dengan menjadikannya sebagai smart kabupaten karena seluruh institusinya berhasil dikoneksikan dengan teknologi informasi.

Namanya pernah masuk bursa calon gubernur Jawa Timur, namun terganjal masalah nonpolitik yang dicuatkan lawan-lawannya. Azwar lulusan Fakultas Sastra Universitas Indonesia, kiprah politiknya dirintis dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan terpilih menjadi anggota DPR pada pemilu tahun 2004 dari daerah pemilihan Jatim III yang meliputi Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Bambang Brodjonegoro
Lelaki bernama lengkap Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro merupakan akademisi tulen. Kariernya banyak dihabiskan sebagai dosen di almamaternya, Universitas Indonesia (UI). Dia menggeluti karir di birokrasi sejak periode pertama kepemimpinan Jokowi hingga kini.

Tumiyana
Dia merupakan wajah lama di BUMN, khususnya perusahaan negara di bidang konstruksi. Saat ini, dirinya tercatat sebagai Dirut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Lulusan Teknik Sipil Universitas Borobudur ini sebelumnya lama berkarier di BUMN karya lainnya, yakni PT PP (Persero) Tbk. Di PP, Tumiyana pernah menjabat Direktur Keuangan sebelum kemudian menjadi Dirut PT PP selama dua periode dari 2008-2016 dan 2016-2018.

Selain itu, Tumiyana tercatat juga sebagai Komisaris PT Kereta Cepat Indonesia China. Tumiyana juga dikenal sebagai pengusaha di sektor peternakan. Dia memiliki sebuah peternakan sapi besar di kampung kelahirannya, Klaten.

Basuki Tjahaja Purnama BTP alias Ahok
Bisa dikategorikan menjadi menjadi calon pemimpin ibu kota baru yang paling sering masuk pemberitaan. Awal kecemerlangan karir politiknya adalah saat menjadi Bupati Belitung Timur. Kini dipercaya sebagai komisaris PT Pertamina.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini