BSSN: Indonesia Alami 232 Juta Serangan Siber, Domain Pemerintah Jadi Sasaran Empuk

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Tahun 2018 terdapat 232.447.974 serangan siber ke Indonesia. Domain milik pemerintah dengan ekstensi go.id telah menjadi sasaran empuk para penyerang.

“Mengutip laporan dunia sekitar 60 hingga 70 persen sektor publik memang menjadi sasaran serangan siber,” kata Kepala Direktorat Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan di Jakarta, Jum’at 26 April 2019.

Sebagian besar atau sekitar 122.435.215 di antara serangan itu berupa malware. Angka serangan itu meningkat signifikan. Tahun sebelumnya baru sekitar 200 juta serangan.

Peningkatan serangan siber ini ditengarai sebagai akibat dari semakin canggihnya serangan yang dikembangkan oleh aktor kriminal siber.

Siber kriminal ditengarai banyak mengembangkan teknik baru sehingga mereka punya kemampuan seperti state actor (siber kriminal yg didukung negara).

Mereka juga mengembangkan perangkat (tool) yang sangat hebat sehingga membuat tidak jelas mendetaksi mana yang peretas profesional, mana yang state actor.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini