BPS: Ini Modal Indonesia Jadi Negara Maju 2045

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Secara faktual, Indonesia sangat berpeluang menjadi negara maju karena sekarang sudah memiliki modal yang pasti. Menurut Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) dr. Ateng Hartono di Jakarta, Senin 23 November 2020.

Potensi itu adalah angka indeks pembangunan manusia (IPM) kita sudah cukup baik yaitu 71,39 pada 2019 dan meningkat lagi pada tahun ini.

Selain itu, produk domestik bruto (PDB) per kapita kita sudah memasuki middle income atau kelas masyarakat berpendapatan menengah.

Hal lainnya adalah Indonesia memiliki 90 juta penduduk kaum milenial. Pertumbuhan ekonomi mereka juga terus bertambah menjadi 5,17 persen pada 2018 dan 5,20 persen pada 2019 dan terus meningkat tahun ini.

Hal lainnya adalah gini ratio Indonesia juga relatif lumayan di angka 0,38. Selain itu angka harapan lama sekolah sudah di 12,99 atau selama 20 tahun setara D2 atau D1.

Meski begitu, Ateng mencatat sejumlah tantangan yang harus dihadapi untuk mewujudkan Indonesia emas pada 2045 antara lain tingkat fertilitas yang masih perlu diturunkan.

Selain itu bonus demografi yang harus disikapi dengan benar sehingga turunnya angka dependensi dan meningkatnya populasi usia produktif.

Indonesia akan dapat kehilangan bonus demografi ketika peluang-peluang untuk meningkatkan produktivitas lebih kecil dibandingkan jumlah SDM usia produktif yang ada.

Untuk itu, Ateng menyimpulkan bonus demografi akan dapat diraih suatu negara ketika tingkat ketergantungan negara relatif kecil dan ketika negara itu bisa menciptakan industri-industri yang dibangun di dalam negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini