Bos Bulog Jamin Stok Beras Cukup Selama Darurat Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dirut Bulog, Budi Waseso memastikan kecukupan stok pangan di Indonesia selama masa darurat wabah Virus Corona.

“Kami sampaikan bahwa posisi stok beras masih sangat mencukupi kebutuhan penyaluran yaitu 1.441.936 ton beras yang tersebar di seluruh Indonesia per tanggal 9 april 2020,” kata Budi dalam rapat bersama dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis, 9 April 2020.

Pasokan itu, kata dia, terdiri atas 1,39 juta ton cadangan beras pemerintah dan stok beras komersial sebanyak 53 ribu ton.

Untuk pasokan pangan lainnya, kata Budi, antara lain posisi stok gula mencapai 5.068,63 ton.

“Kami masih akan terus melakukan pengadaan untuk mencukupi kebutuhan gula pada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, daging kerbau tercatat 113,21 ton, minyak goreng 781,15 kiloliter, tepung terigu 614,64 ton, serta telur ayam 20,28 ton.

Terkait dengan mekanisme penjualan pangan pokok kepada masyarakat, Budi mengatakan Bulog menerapkan strategi penjualan melalui e-commerce atau secara online.

Strategi tersebut dilakukan untuk mengurangi kerumuman massa, mengurangi masyarakat ke luar rumah maupun meminimalisir kontak langsung.

“Selain itu untuk jaringan RPK dan kelurahan, pemesanan dari mitra binaan dapat dilakukan melalui online atau menghubungi petugas Bulog. Selanjutnya pembagian kepada masyarkat dilakukan dengan pengaturan jadwal untuk mengurangi kerumuman,” kata Budi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Sarman Simanjorang mengatakan hingga saat ini belum tampak lonjakan permintaan bahan pangan yang signifikan di DKI Jakarta. Kendati Ibu Kota segera menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar mulai Jumat, 10 April 2020.

“Tetapi dalam 20 hari ke depan kita akan memasuki bulan Ramadhan, konsumsi akan naik stok dan ketersediaan agar dipastikan berlimpah atau mencukupi. Komoditi gula, bawang,daging kerbau ini perlu diwaspadai lonjakan permintaannya,” ujar Sarman.

Di samping itu, Sarman meminta pemerintah menjamin kelancaran jalur logistik pokok pangan dari daerah ke Jakarta selama PSBB berlaku. Dengan dijaganya stok dan distribusi pangan tersebut, ia meyakini tidak akan terjadi gejolak harga yang membebani masyarakat.

“Termasuk pasokan barang ke berbagai toko ritel dan perdagangan juga jangan sampai terganggu, termasuk transportasi berbagai barang ekspor impor,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini