Boom! Ini Peristiwa Tanah Air yang Sempat Jadi Trending Topic di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa tahun belakangan memang banyak sekali peristiwa yang terjadi di Indonesia. Mulai dari yang unik, bahagia, hingga yang kurang mengenakan.

Sangking ramainya, peristiwa-peristiwa di Tanah Air juga mengundang sorotan dunia dan menjadi trending di beberapa negara.

Kira-kira peristiwa apa saja ya yang terjadi di Tanah Air dan turut jadi trending topik di kancah Internasional?

  1. Kasus Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga

Awal tahun lalu, Indonesia dan dunia di gemparkan oleh kasus predator seksual, Reynhard Sinaga. Dimana Reynhard diketahui telah menyodomi lebih dari 100 laki-laki di Inggris.

Aksi bejatnya terkuak ketika salah satu korban melaporkan dirinya ke polisi dengan bukti handpone Rey yang terdapat sejumlah video para korbannya.

Reynhard merupakan mahasiswa asal WNI yang berkuliah di negeri Ratu Elizabeth itu. Kasusnya yang viral dan tidak manusiawi berhasil mengantarkannya jadi trending topic di dunia. Kasusnya juga menjadi pemerkosaan terbesar dalam hukum Inggris

2. WNI Pencuri Tas Mahal

Mahasiswi Indonesia mencuri tas bermerk di Australia

Sempat geger pada Juni 2020 lalu mengenai kasus WNI yang kepergok mencuri tas bermerk asal desainer Louis Vuitton di Sydney, Australia. Diketahui, WNI tersebut berstatus mahasiswa.

Dilansir dari sumber, mahasiswa itu sedang menuntut ilmu di Monash University dan berasal dari Surabaya, dan dikenal sebagai orang berada.

Wanita yang belum diketahui identitasnya itu melakukan aksinya di toko LV di jalan Whiteman, Melbourne pada 19 Mei lalu. Ia mencoba beberapa barang seperti tas dan sepatu kemudian ia mulai menyembunyikan dua tas bermerk itu dan melarikan diri. Aksinya ini berhasil membuatnya trending dan jadi sorotan dunia.

3. Berita Duka BJ. Habibie

bj habibie
B.J Habibie

Kepergian mantan presiden RI ke-3 Baharudin Jusuf Habibie, atau akrab dikenal BJ. Habibie juga jadi sorotan dunia. Dilansir dari berbagai sumber, meninggalnya Habibie menjadi topik yang laling “dibicarakan” di Twitter dan berada di posisi nomor 2 Worldwide trends atau trending dunia.

Wafatnya beliau memang menyisakan duka yang mendalam. Ribuan warga net pun mengucapkan bela sungkawa dan menuliskan kata ‘Selamat Jalan Pak Habibie’ lewat akun Twitter mereka.

4. Debat capres 2019

Debat Capres 2019

Pemilihan Presiden pada 2019 lalu juga menjadi peristiwa yang sempat di soroti dunia. Salah satunya momen debat capres bersama Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Nah, sejumlah hal yang terjadi di debat capres tersebut sempat menyita perhatian global, mulai dari respon kedua calon, pembahasan Unicorn hingga insiden ledakan tak lama setelah pembukaan acara tersebut.

Bahkan, media Singapura, Channel News Asia mengulas momen debat capres tersebut melalui artikel bertajuk ‘Indonesian Presidential Hopefuls Vow Energy Self-Sufficiency Through Palm.”

5. Om Telolet Om

Fenomena om telolet om

Terakhir, masih ingatkah kamu tentang fenomena unik di Indonesia yang heboh dan jadi trending topik dunia? Yap, ‘om telolet om’.

Fenomena klakson mobil bus berbunyi ‘telolet’ pertama kali lahir di Indonesia. Kata tersebut viral ketika anak-anak Indonesia ramai-ramai meminta seorang supir bus atau truk untuk membunyikan klakson mereka.

“Om telolet om”, begitulah seruan anak-anak lalu diikuti dengan suara klakson dari sang supir berbunyi ‘telolet’.

Momen ini lantas jadi Worldwide Trending, ketika para warganet Tanah Air menuliskannya di sejumlah kolom komentar seleb dunia. Bahkan, musisi dunia DJ Snake, DJ Zedd dan DJ Martin Garinx sempat mempertanyakan di akun Twitter mereka, “What is ‘om telolet om’?”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini