Bocoran Makna dan Logo HUT ke-75 RI Tahun 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia, tema dan logo HUT ke-75 RI untuk 2020 telah diluncurkan lho. Kabar tersebut didapat dari surat edaran Menteri Sekretaris Negara bernomor B-27/M.Sesneg/Set/TU.00.04/01/2020.

Dalam surat yang dirilis pada 15 Januari 2020 lalu, Mensesneg Pratikno meminta para pimpinan lembaga negara, menteri, gubernur Bank Indonesia, panglima TNI, kapolri, dan pejabat kementerian untuk menyosialisasikan tema dan logo tersebut.

Ia juga meminta pimpinan lembaga non struktural, gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kiranya Bapak/Ibu berkenan memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan kerja Bapak/Ibu serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum,” kata Pratikno.

Pembuatan logo HUT ke-75 RI itu memiliki relevansi dengan tujuan pada periode baru ini, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Bentuk dan Makna
Bentuk dan makna logo Logo HUT tersebut berbentuk menyerupai perisai lambang Garuda Pancasila dengan tulisan “Indonesia Maju” di bawahnya. Logo Kemerdekaan ke-75 RI tahun 2020 ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia. Juga progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Jenis Huruf
Tipografi Jenis font yang digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding 75 tahun Indonesia adalah Monsterra typeface primer.

Warna logo
Warna latar belakang yang dapat digunakan adalah merah, putih, dan hitam. Dengan kode sebagai berikut:

Merah
C: 4%, M: 97%, Y: 93%, K: 0%,
R: 228, G: 44, B: 45
# E42C2D

Putih
C: 0%, M: 0%, Y: 0%, K: 0%
R: 255, G: 255, B: 255
# FFFFFF

Hitam
C: 0%, M: 0%, Y: 0%, K: 100%
R: 35, G: 31, B: 32
#231F20

Aplikasi logo dalam kombinasi warna dan berbagai latar belakang warna (Website Kementerian Sekretariat Negara setneg.go.id). Adapun soft copy tema dan logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 beserta pedomannya dapat diunduh melalui laman resmi Kemensetneg, Instagram, Facebook dan Twitter.

Nah, di tautan tersebut juga terdapat panduan penggunaan logo, lengkap beserta contoh penggunaan logo. Bantu sebarin ke teman-teman dan orang-orang terdekatmu ya, guys!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Angkat Citra Aceh, BIN Berdayakan Pemuda dengan Program AMANAH

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) mengangkat citra Aceh melalui pemberdayaan para pemudanya dengan program Aneuk Muda Aceh...
- Advertisement -

Baca berita yang ini