BNPB: Lebih 300 Bencana Terjadi Sepanjang Januari 2019

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat selama Januari 2019, telah terjadi sekitar 366 bencana di Indonesia.

“Bencana ini menyebabkan total 94 orang meninggal dunia,” kata Kasubdit Tanggap Darurat BNPB Budhi Erwanto di Jakarta, Kamis 7 Maret 2019.

Dari catatan BNPB, ratusan bencana itu meliputi puting beliung, longsor, banjir dan beberapa lainnya. Selain korban jiwa, bencana selama Januari 2019 juga memaksa 88.613 orang mengungsi.

Puting beliun menduduki peringkat pertama dengan jumlah bencana paling banyak terjadi, disusul banjir dan tanah longsor.

Akibat ratusan bencana itu, total 39 fasilitas peribadatan rusak, 101 fasilitas pendidikan rusak, 106 fasilitas kesehatan rusak, dan 4.013 rumah warga rusak, ditambah sedikitnya 149 jiwa luka-luka.

Bencana itu juga menimbulkan masalah baru, yakni persoalan sosial dan ekonomi, tekanan jiwa, kekhawatiran, dan konflik sumber daya.

Banyak pengungsi yang kini telah kehilangan tempat tinggal, termasuk kehilangan mata pencaharian sehari-hari. Hal itu diperburuk dengan kondisi rentannya penyakit menyerang, dan masalah mental akibat kebosanan menunggu kepastian distribusi bantuan.

Warga yang mengungsi juga dihantui tanda tanya, sampai kapan mereka akan tinggal di pengungsian.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini